PENGAWASAN KEKERASAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DASAR ACEH BESAR

  • Akmaluddin Akmaluddin Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Rahmattullah Rahmattullah Universitas Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Pengawasan Kekerasan, Mutu Pendidikan, Sekolah Dasar

Abstract

Fenomena kekerasan di lingkungan sekolah baru-baru ini menjalani tinjauan intensif publisitas. berdasarkan data yang dirilis Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tahun 2017, menurut survei International Center for Research on Women (ICRW), sebanyak 84% anak di Indonesia mengalami kekerasan di sekolah. Angka kasus kekerasan di sekolah di Indonesia ini lebih tinggi dari Vietnam 79% , Nepal 79%, Kamboja 73%, dan Pakistan 43%. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survey. Sampel penelitian ini dua sekolah dasar di kabupaten Aceh Besar yaitu SD Negeri 1 Lamcot dan SD Negeri 2 Lamcot. Mengumpulkan informasi factual menggunakan kuesioner dan wawancara. Kuesioner berisikan 12 aspek, untuk mengukur pengawasan kekerasan diperoleh berdasarkan hasil kuesioner responden. Pada SD Negeri 1 Lamcot memperoleh rata-rata 4,35 sedangkan di SD Negeri 2 Lamcot meraih rata-rata  4,30. Hasil tersebut diperoleh melalui kuesioner yang berisikan 12 item indicator yang bagikan pada responden. Penelitian menggunakan teknik wawancara tentang pengawasan kekerasan dalam pendidikan meraih respon positif.

References

Diyah, N. C. M., & Imron, A. (2016). Kekerasan dalam Pendidikan (Studi Fenomenologi Perilaku Kekerasan Di Panti Rehabilitasi Sosial Anak). Paradigma, 4(3), 1–12. https://core.ac.uk/download/pdf/230701812.pdf
Fathurrochman, I., & Muslim, A. (2021). Menangkal Radikalisme Dengan Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Amaliyah Aswaja di SD Islamiyah Magetan. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 801–818. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1071
Fauzi, I. (2017). Dinamika Kekerasan Antara Guru dan Siswa Studi Fenomenologi Tentang Resistensi Antara Perlindungan Guru dan Perlindungan ANak. TARBIYATUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 40–69.
Hendry, E. (2016). Kekerasan Dalam Pendidikan. At-Turats, 3(1), 51–61. https://doi.org/10.24260/at-turats.v3i1.252
Ilham, M., & Handoyo, P. (2013). Kekerasan guru terhadap siswa: Studi fenomenologi tentang bentuk kekerasan guru dan legitimasi penggunaannya. Jurnal Paradigma, 1(3), 1–4. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/viewFile/3913/6456
Jakaria, Y. (2014). Analysis of Appropriateness and Suitability of Primary School Teachers’ Educational Background and Their Taught-Subject-Matter. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 499–514.
Nafiah, U., & Wijono, H. A. (2021). Konsep Pola Asuh Orang Tua Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(2), 155–174.
Penelitian, J., Muslim, U., & Medan, N. A. (2022). All Fields of Science J-LAS Concept of Area of Flat Shapes. 2(1), 209–217.
Prasetya, E. P., Abdulrahman, & Rahmalia, F. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan Dan Kreatifitas. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 19–25. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/69
Sabaruddin, S. (2019). Implementasi Permendikbud No. 82 Tahun 2015 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan di SMP Telkom Makassar. Phinisi Integration Review, 2(1), 146. https://doi.org/10.26858/pir.v2i1.8365
Sinsyi, M. M., & Setiadi, Y. (2021). Perbedaan Kualitas Sekolah Unggulan di Kabupaten Banyuwangi Setelah Diberlakukannya Sistem Zonasi Studi Kasus di SMPN 1 Banyuwangi. Seminar Nasional Official Statistics, 2021(1), 705–714. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2021i1.1015
Suradnya, I. N. (2021). Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (Spmi) Di Smp Negeri 1 Banjarangkan. MANAGERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen Dan SUpervisi Pendidikan, 1(1), 8–17. https://jurnalp4i.com/index.php/manajerial/article/view/226
Tang, A. (2020). Hak-Hak Anak dalam Pasal 54 UU No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Jurnal Al-Qayyimah, 2(2), 98–111. https://doi.org/10.30863/aqym.v2i2.654
Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272
Tobing, J., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Mental Anak Terhadap Terjadinya Peristiwa Bullying. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1882–1889.
Article Metrics
Abstract views: 353
PDF downloads: 125
Published
2023-02-28
How to Cite
Akmaluddin, A., & Rahmattullah, R. (2023). PENGAWASAN KEKERASAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DASAR ACEH BESAR. Jurnal Tunas Bangsa , 9(2), 111-120. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i2.2100
Section
Articles