MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MUATAN PKN MELALUI MODEL BALOGO DI KELAS V SDN ANTASAN KECIL TIMUR 1 BANJARMASIN

  • Selvia Rahmawati Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model BALOGO

Abstract

Tujuan dari studi tindakan kelas ini adalah untuk melaporkan dan menganalisis efek dari peningkatan praktik instruksional, keterlibatan siswa, pemikiran kritis, dan hasil belajar.  Permasalahan ini disebabkan karena pembelajaran bersifat satu arah, tidak menuntut siswa untuk berpikir secara kritis, serta kurang menarik dan menyenangkan sehingga dapat mengakibatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Hasilnya, penulis menggunakan pendekatan hybrid, menggabungkan unsur-unsur model Problem-Based Learning (PBL), Group Investigation (GI), dan Course Review Horay (CRH) yang dikembangkan oleh proyek BALOGO. Studi ini mencakup metodologi kualitatif dan kuantitatif campuran, desain Penelitian Tindakan Kelas, dan total empat sesi  dengan jumlah sampel 22 siswa kelas V. Tindakan guru dan siswa diamati, serta pemikiran kritis, dan ujian diberikan pada akhir setiap sesi untuk mengukur kemajuan siswa. Menurut data, keterlibatan siswa tumbuh dengan setiap pertemuan. Dari pertemuan 1 sampai 4, siswa menunjukkan hasil belajar yang terus meningkat . Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar telah mencapai indikator keberhasilan sehingga dapat disimpulkan bahwa model BALOGO dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin pada muatan PPKn.


Abstract
The purpose of this classroom action study is to report and analyze the effects of improving instructional practices, student engagement, critical thinking, and learning outcomes. This problem is caused by one-way learning, does not require students to think critically, and is less interesting and enjoyable, which can result in low student learning activities, critical thinking skills and student learning outcomes. As a result, the author uses a hybrid approach, combining elements of the Problem-Based Learning (PBL), Group Investigation (GI), and Course Review Horary (CRH) models developed by the BALOGO project. This study included a mixed qualitative and quantitative methodology, a Classroom Action Research design, and a total of four sessions with a sample size of 22 fifth grade students. Teacher and student actions were observed, as well as critical thinking, and exams were given at the end of each session to measure student progress. According to the data, student engagement grows with each meeting. From meetings 1 to 4, students show learning outcomes that continue to improve. Based on the research results, it is known that teacher activities, student activities and learning outcomes have achieved indicators of success so it can be concluded that the BALOGO model can improve teacher activities, student activities and learning outcomes for class V SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin on PPKn content.

References

Afridzal, A., Bina, S., & Getsempena, B. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar Dan Video Animasi Pada Materi Karangan Deskripsi Di Kelas Iii Sd Negeri 28 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 231–247.

Alsaleh, N. J. (2020). Teaching Critical Thinking Skills : Literature Review. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 19(1), 21–39.

Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 422–432. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28165

Arumsari, A., Falensi, Y. A., & Santri, D. J. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Biologi Kelas X Di Sma Negeri 1 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 9(1), 52–64. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v9i1.18353

Asaloei, S. I., Wolomasi, A. K., & Werang, B. R. (2020). Work-related stress and performance among primary school teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 352–358. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i2.20335

Briliandika, D., Putra, D. A., & Afiani, K. D. A. (2021). Analisis Model Pembelajaran NHT Dalam Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis. Inventa, 5(1), 16–29. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a2617

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/472

Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1647–1659.

Dewi, N., & Abdulkarim, A. (2018). Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Nasionalisme Siswa ( Sekolah Menengah Atas Homeschooling Primagama Palembang ). Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Publik, 8(1), 98–115. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/akp/article/view/1468

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39–46. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Eliyah, S., Isnani, I., & Utami, W. B. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Power Point Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(2), 131. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i2.1455

Fatimah, Aslamiah, R. P. (2021). Mengembangkan Aktivitas Belajar, Kreativitas Dan Aspek Motorik Halus Anak Menggunakan Model Explicit Instruction, Permainan Puzzle Dan Kegiatan Melipat Pada Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 43 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Kreativitas Anak Usia Dini, 3(2), 6. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/4298/3362

Febliza, A., & Fauziah, N. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Kimia sebagai Kesiapan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 114–127.

Fiani, R., Sudargo, S., & Kusumaningsih, W. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran ATI Dan CRH Menggunakan Strategi Guided Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(5), 388–396. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i5.7746

Firdausi, B. W., Warsono, & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 229–243. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.8001

Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2), 218–229. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41224

Hamisa, W., Pratiwi, Y. S., Fijianto, D., & Alfaris, L. (2023). Upaya Mempertahankan Identitas Nasional bagi Generasi Muda di Era Globalisasi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 7463–7472. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3008

Handayani, R. (2019). Pengaruh lingkungan tempat tinggal dan pola asuh orangtua terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 15–26.

Hardani, K., Rulyansah, A., Isman, L. M., & Rozi, F. (2023). Model Problem Based Learning Berbantuan Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Siklus Air. 01, 1–5.

Hidayat, A., & Jannah, F. (2021). Implementasi Model Bahimat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan PKN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(November), 31–38.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5–11.

Hudah, N. (2020). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 24 Indralaya. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(2), 42–51. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i2.788

Jannah, H. & A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Kebebasan Berorganisasi Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), Dan Course Review Horay (CRH) Siswa Kelas V Sdn Alalak Tengah 2 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 37–48.

Julian, R., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. Proceeding of the 1st Steeem, 1(1), 238–243.

Kaffenberger, M. (2021). Modelling the long-run learning impact of the Covid-19 learning shock: Actions to (more than) mitigate loss. International Journal of Educational Development, 81(December 2020), 102326. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2020.102326

Kristen, U., Wacana, S., & Tengah, J. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL. Jurnal Basicedu, 4(2), 257–267. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/357

Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 334–338. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579

Mardhiyah, D. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 71(1), 63–71.

Marlini. (2019). Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 277–289.

Mutiara, F. B., Komikesari, H., & Asiah, N. (2019). Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay ( CRH ) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Effectiveness Of Cooperative Model Type Course Review Horay ( CRH ) Towards Students ’ Learning. Joiurnal of Science and Mathematics Education, 02(1), 116–122.

Noorhapizah, Nur, alim, Akhmad Riandy Agusta, Z. A. F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Menemukan Informasi Penting Dengan Kombinasi Model Directed Inquiry Activity (Dia), Think Pair Share (TPS) Dan Scramble Pada Siswa Kelas V Sdn Pemurus Dalam 7 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5.

Nuraini. (2022). Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) Berlandaskan Merdeka Belajar bagi Guru SD. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 147–152. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i2.4009

Nurbaya, Y., & Samsudin, A. (2022). Penggunaanmodelproblem Based Learninguntuk Meningkatkankemampuanpemahamankpk Dan Fpbsiswasekolahdasar Kelas V. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 3268–3280.

Nureva, & Wulandari, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CHR) Terhadap Hasil Belajar Siswa, 4(1), 15–27. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/ji.v4i1.480

Pendy, A., & Mbagho, H. M. (2021). Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(1), 165–177. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.542

Puspitasari, N. I., Rinanto, Y., & Widoretno, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik melalui Penerapan Model Group Investigation. Bio-Pedagogi, 8(1), 1. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i1.35544

Rusmiati, N. M. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VI Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45486

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Simanjuntak, M. F., & Sudibjo, N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah [Improving Students’ Critical Thinking Skills and Problem Solving Abilities Through Problem-Based Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 108. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1331

Simaremare, J. A., & Thesalonika, E. (2021). Penerapan Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 113–133. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1642

Susilowati, Y., & Sumaji. (2020). Interseksi Berpikir Kritis Dengan High Order Thinking Skill (Hots) Berdasarkan Taksonomi Bloom. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 5(2), 62–71. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i2.2850

Syafriani, Y., Ramadhani, S., Harahap, F. A., Zuraira, T., & Sari Fadilla, A. (2022). Peran dan Tugas Guru dalam Manajemen Kurikulum. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 572–575. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2752

Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2)(2), 89–100. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/9436

Vita, Y., & Wahjudi, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga Pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar di SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07(02), 248–253.

Wahyudi, M. D. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Journal of Community Service, 1(2), 34–38.

Wahyudi, M. D., & Tripuspitaningrum, G. (2018). Improving Students Learning Outcome Using Group Investigation Model Combined with Think Pair Share and Course Review Horay. 274(32), 142–146. https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.32

Wulansari, B., Hanik, N. R., & Nugroho, A. A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.32585/.v1i1.250

Yanti, N. M. D. T., Jayanta, I. N. L., & Suarjana, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 463–471. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27462

Yulianti, E., & Astimar, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 352. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.10457

Article Metrics
Abstract views: 25
PDF downloads: 12
Published
2024-03-26
How to Cite
Rahmawati, S., & Suriansyah, A. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MUATAN PKN MELALUI MODEL BALOGO DI KELAS V SDN ANTASAN KECIL TIMUR 1 BANJARMASIN. Jurnal Tunas Bangsa , 11(1), 15-30. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i1.2268
Section
Articles