INTEGRASI EDUPRENEUR DALAM PELAJARAN PRAKARYA SEBAGAI MUATAN LOKAL DI SDN 1 INDRAPURI
Abstract
Edupreneurship must be part of student education. With edupreneurship, students are expected to learn independently, provide opportunities for others to work, behave according to their abilities, and think strategically when facing problems. This study aims to look at the integration of edupreneurs in craft lessons as local content. This research method is descriptive qualitative. The principal of SDN 1 Indrapuri is the subject of the study. Observations, documentation, and interviews were used to collect data. Data analysis involves reducing, presenting, and verifying or inferring data. The results show that edupreneurship can build student character in elementary school SDN 1 Indrapuri. In edupreneurs, educational planning is carried out through subject meetings where the teacher explains learning activities.
Abstract
Pendidikan peserta didik harus mencakup edupreneurship. Melalui edupreneurship, peserta didik dimaksudkan untuk belajar mandiri, memberikan kesempatan kepada orang lain untuk bekerja, berperilaku sesuai kompetensi, dan berpikir strategis saat menghadapi masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang desain, penyampaian, dan evaluasi edupreneurship. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subjek partisipan penelitian adalah Kepala Sekolah SDN 1 di Indrapuri. Pengambilan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau inferensi. Temuan menunjukkan bahwa integrasi edupreneur dalam pembelajaran di sekolah dasar SDN 1 Indrapuri dapat membangun karakter peserta didik. Perencanaan pendidikan dalam edupreneur dilakukan melalui pertemuan mata pelajaran disaat guru menjelaskan kegiatan pembelajaran.
References
Akmaluddin, Rahmattullah, M. (2022). MANAGEMENT OF VIOLENCE ON CHILDREN IN THE EDUCATION. 14(2), 447–454. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i2.3343
Arquisola, M. J., & Walid Ahlisa, S. U. (2019). Do Learning and Development Interventions Motivate Employees at PT Danone Indonesia? Applying McClelland’s Theory of Motivation to FMCG Industries. FIRM Journal of Management Studies, 4(2), 160. https://doi.org/10.33021/firm.v4i2.780
Dwi Yusantika, F. (2021). Penanaman Jiwa Entrepreneur Pada Siswa SD di Era Revolusi Industri 4.0. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 2(1), 34–45.
Fahrurrozi, Mohjana, & Mispandi. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Prakarya Dan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(1), 7–14.
Faruq, A., & Alnashr, M. S. (2018). Implementasi Strategi Pembelajaran Edupreneurship Berbasis Multiple Intelligences. Islamic Review : Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 6(2), 195–210. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v6i2.129
Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379–6386. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3269
Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121
Harirah, Z., Azwar, W., & Isril, I. (2021). Melacak Eksistensi Kearifan Lokal Dalam Kebijakan Pengembangan Pariwisata Kabupaten Siak Di Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(1), 70. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i1.26629
Hartono, S. (2018). metode pengumpulan dan analisis data (1st ed.). Andi nd.
Irwana, A. (2015). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Efektivitas Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 22(2), 104–119. https://doi.org/10.17509/jap.v22i2.5392
Joan, K., Setyoko, T. W., & Habibi, H. (2020). Puzzle Wira : Sarana Edupreneurship Berbasis Mobile Multimedia Untuk Generasi Alpha di Era Disrupsi Teknologi. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 2(1), 82. https://doi.org/10.29300/ijsse.v2i1.2734
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Nurhayati, S. E., & Ratnaningsih, N. (2022). Persepsi Orang Tua, Guru, dan Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 827–835. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1896
Nurhilaliati. (2017). Kepemimpinan Perempuan dan Edupreneurship di Pondok Pesantren Al-Kautsar Ranggo Pajo Dompu. Qawwam, 11(1), 35–48.
Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia.
Rahmattullah, Sariakin, A. (2022). INTEGRATED SOCIO-ENTREPRENEURSHIP IN CULTURAL SPACE : QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 14(2), 567–588. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i2.3440
Rosina Zahara , Siti Mayang Sari, Burhanuddin, R. (2023). Konsep dasar ips berbasis keterampilan sosial peserta didik. In M. S. Prof. Dr. Yusnadi, M.S, Dr. Edy Surya (Ed.), Bandar Publishing (1st ed.). Bandar Publishing.
Shoumi, A. Z. (2019). Peran Multimedia Dalam Pendidikan Pada Aplikasi Ruang Guru. Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, 1–6. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5809
Soleh, A. R., & Arifin, Z. (2021). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Konsep Community of Inquiry. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 473–490. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.995
Solikhin, M., & Munastiwi, E. (2022). MANAGEMENT STRATEGY: School Financial Management Strategies During the Covid-19 Pandemic. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 14(1), 171–182. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.1430
Suryawati, D., Helpiatuti, S. B., & Firdaus, A. (2023). Model Pendekatan Adaptif sebagai Upaya Membangkitkan Resiliensi UMKM. 12(1), 60–72.
Susanto, A., Budi, Y., Silintowe, R., & Franksiska, R. (2023). Upward Intercultural Communication Company : What Matters the Most in Multinational. 12(1), 40–51.
Thayyibi, M. I., & Subiyantoro, S. (2022). Konsep Edupreuneurship Dan Urgensinya Bagi Lulusan Perguruan Tinggi. Jurnal Eduscience, 9(1), 77–91. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2538
Triyanto, Parno, S. (2022). APPLICATION OF JOB SHEET TEACHING MATERIAL PRODUCTS ON PROJECT-BASED LEARNING AT. 14(2), 311–322. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i2.3145
PDF downloads: 345