EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY (VR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Kurikulum Merdeka mendorong guru terampil dalam memanfaatkan teknologi yang bertujuan guna meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Berfokus pada elemen penting Kurikulum Merdeka salah satunya literasi dasar diantaranya yaitu literasi digital. Faktanya, para guru SD belum melek teknologi dan belum mahir dalam menggunakan aplikasi-aplikasi terkini yang dapat digunakan dalam membuat media pembelajaran. Urgensi penelitian yaitu di latar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah karena kurang maksimal dalam memahami materi, hal ini harus diatasi sebagai upaya peningkatan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman materi sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran berbasis Virtual Reality dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis Virtual Reality dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunalan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain metode penelitian group pretest-posttest. yaitu kelompok eksperimen diberikan pretest sebelum perlakuan, kemudian selanjutnya diberikan posttest setelah perlakuan Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis virtual reality yang diterapkan dalam pembelajaran IPAS SD materi ”ada apa saja di bumi kita” efektif dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji paired sample test yang memperoleh hasil sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis virtual reality (VR) efektif dalam meningkatkan pemahaman materi.
Abstract
The Merdeka Curriculum encourages skilled teachers in utilizing technology that aims to improve the quality of learning in schools. Focusing on important elements of the Independent Curriculum, one of which is basic literacy, including digital literacy. In fact, elementary school teachers are not technologically literate and are not proficient in using the latest applications that can be used in making learning media. The urgency of research is in the background of low student learning outcomes due to lack of maximum understanding of the material, this must be overcome as an effort to improve student cognitive. This study aims to determine the ability to understand material before and after the application of Virtual Reality-based learning media and to determine the effectiveness of Virtual Reality-based learning media in improving the comprehension ability of elementary school students. This study uses a quantitative approach with the type of experimental research using the design of the pretest-posttest group research method. that is, the experimental group was given a pretest before treatment, then given a posttest after treatment The results showed that virtual reality-based learning media applied in elementary science learning material "there is anything on our earth" can effectively increase student understanding. This is shown from the paired sample test results that obtain sig results of 0.000 < 0.05, it can be concluded that virtual reality (VR)-based learning media is effective in increasing material understanding.
References
Abror, M., Susilana, R., & Fathoni, T. (2018). Penggunaan Media Grazie Aerial Sky Virtual reality (VR) Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Edutechnologia, 2(1), 29–34.
Adha, M. M. (2010). Model Project Citizen untuk Meningkatkan Kecakapan Warga Negara Pada Konsep Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat. Jurnal Kultur Demokrasi, 1 (8): 44-52.
Aini, N. N., Azizah, M., Rofi, R., Bekti, S., & Thohir, M. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual reality (VR) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 267–275. https://doi.org/10.33603/caruban.v6i2.8611
Dwariani, M. T., Sugihartini, N., & Santyadiputra, G. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Mamalia Laut Berbasis Virtual reality (VR) Terhadap Prestasi Belajar Anak Kelompok B di TK Negeri Banjar. International Journal of Natural Sciences and Engineering, 4(1), 39–46.
Mambu, J. Y., Wahyudi, A. K., & Hezky, G. (2019). “Jump”: Game Simulasi Olahraga Berbasis Virtual reality (VR) Dengan Sensor Accelerometer. Nutrix Journal, 3(2)
Musril, H. A., Jasmienti, J., & Hurrahman, M. (2020). Implementasi Teknologi Virtual reality (VR) Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 9(1), 83–95. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23215
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod III. Pensa: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.
Pandita, S., & Stevenson Won, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Virtual reality (VR) (VR) di Perpustakaan. Technology and Health, 2017, 129–148. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-816958-2.00007-1
Perdana, D. R., Adha, M. M. 2020. Implementasi Blended Learning untuk Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8 (2): 89-101.
Randi, A. (2017). Skripsi : Pemanfaatan Teknologi Virtual reality (VR) Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Sistem Tata Surya. Makassar:Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Pratama, R. A., Ulfa, S., & Kuswandi, D. (2018). Mobile Learning Berbasis Game Based Learning Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 771–777.
Rosdayanti, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Motion Graphic Pada Materi Alat Indra Manusia. Universitas Pendidikan Indonesia.
Santosa, A., Noviandi. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Organ Tubuh Berbasis Augmented Reality, 1-9
Sapriyah. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Sinambela, M. B. W., Soepriyanto, Y., & Adi, E. P. (2018). Taman Peninggalan Sejarah Berbasis Virtual Reality. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 7–12
Sinduningrum, E., dkk. 2020. Pembuatan Media Pembelajaran Merakit Pc (Personal Computer) Dengan Virtual reality (VR) Menggunakan Aplikasi Mobile. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Sukaryawan, I. M., Sugihartini, N., & Pradnyana, I. M. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Virtual reality (VR) Terhadap Hasil Belajar Anak Kelompok B Pada Tema Pengenalan Binatang Buas. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(1), 118. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i1.16978
Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual reality (VR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 578–581. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1662
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. EDUSTREAM: Jurnal Pendidikan Dasar, II, 43–48.
Tamara, E. U., Saputra, H., & Sutrisman, A. (2022). Implementasi Teknologi Virtual reality (VR) Pada Media Pembelajaran Animasi 3D. Jurnal Laporan Akhir Teknik Komputer, 1(3), 1.
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344
Wulandari, T. D., Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2022). Keefektifan Pembelajaran Ipa Berbantuan Virtual reality (VR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMP Di Abad 21: Review Artikel. Proceeding Seminar Nasional IPA XII, 106–115. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/1343%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/download/1343/855
Zakiyan, N.Z., dkk. 2017. Perancangan Media Pembelajaran Virtualisasi Masjidil Harram Dengan Virtual reality (VR) (VR). In Prosiding Seminar Nasional Teknoka.
PDF downloads: 984