PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 1 BEUREUNUEN
Abstract
Pembelajaran yang berpusat kepada guru yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran IPA khususnya materi ekosistem disebabkan guru jarang menggunakan media yang sesuai kebutuhan peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil belajar yang di peroleh peserta didik tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Permasalahan mendasar yang muncul adalah sejauh mana penggunaan media Pop-Up Book dapat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap konsep-konsep ekosistem. Oleh karena itu, penelitian ini diarahkan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan dengan menyelidiki pengaruh media Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Terdapat Pengaruh Media Pop-UpBook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas V SD Negeri 1 Beureunuen”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Pop-Up Book terhadap hasil belajar materi ekosistem di kelas V SD Negeri Beureunuen. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Beureunuen, populasi penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas VC sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sampe T-Test dan di peroleh taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000<0,05 maka Ho di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas V SD Negeri 1 Beureunuen.
Abstract
Teacher-centered learning causes low student learning outcomes in science subjects, especially ecosystem material, because teachers rarely use media that suits students' needs. This can be seen from the learning outcomes obtained by students who do not reach the Minimum Completeness Criteria (KKM). The fundamental problem that arises is the extent to which the use of Pop-Up Book media can influence students' understanding of ecosystem concepts. Therefore, this research is directed at filling the knowledge gap by investigating the influence of Pop-Up Book media on student learning outcomes. By starting from this problem, this research seeks to contribute to the development of more innovative and relevant learning strategies for ecosystem materials, as well as providing a foundation for the development of learning media that can improve the quality of education. The formulation of the problem in this research is "Is there an influence of Pop-UpBook media on student learning outcomes on ecosystem material in class V of SD Negeri 1 Beureunuen". This research uses a quantitative approach to experimental methods with a Quasi Experimental Design research type with a Nonequivalent Control Group Design research design. This research was conducted at SD Negeri 1 Beureunuen which is located on Jln. Tanjong Beureunuen Flower, Jojo, Mutiara Timur District, Pidie Regency, Aceh. With the postal code 24175, the population of this study is the VA class as the experimental class with 20 students and the VC class as the control class with 20 students. Testing the hypothesis using the Independent Sample T-Test and obtaining a significance level of 0.05 indicates that the significance value is 0.000. Because the significance value is 0.000<0.05, Ho is rejected. This shows that there is an influence of Pop-Up Book media on student learning outcomes in ecosystem material in class V of SD Negeri 1 Beureunuen.
References
Ainiyah, Z. dkk. 2022. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Komponen Ekosistem Melalui Penerapan Media Pop-up Book. Jurnal Elementaria Edukasia. 5(1).
Arjuna, D. & Ardiansyah, F. 2019. Analisis Teknik dan Perkembangan Buku Pop- up. Jurnal Desain & Seni. 6(2)
Arikunto. 2017. Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Asnawi. dkk. 2023. Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar Dan Tes Diagnostik Membangun Pembelajaran Berdiferensiasi Yang Efektif Dan Inklusif. Yogyakarta: Budi Utama.
Halisah, Nur. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Guna Menunjang Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X pada Mata Pelajaran Biologi Di Tingkat SMA/MA. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung
Hajerah & Syamsuardi. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak di TK Insan Cita Kec. Masamba Kab. Luwu Utara. In Seminar Nasional LP2M UNM
Janah, Nidaul. 2021. Mandiri Belajar Ulangan Tematik. Jakarta: Tim Bmedia
Julhadi. 2021. Hasil Belajar Peserta Didik. Jawa Barat. Edu Publisher
Kadir, Wafiq azizah. dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Kelas V SD/MI Semester Ganjil. Jawa Barat: Guepedia
Komari, M., Widiyaningrum, P., & Partaya, P. (2021). Development of Pop Up Book To Increase Interest and Learning Outcomes. Journal of Innovative Science Education, 10(3), 23–30
Lestari, Endang Titik. 2020. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish
Lipton, Laura & Deborah Hubble. 2016. Sekolah Literasi. Bandung: Nuansa Cendekia
Lu, O. H., Huang, J. C., Huang, A. Y., & Yang, S. J. (2017). Applying learning analytics for improving students engagement and learning outcomes in an MOOCs enabled collaborative programming course. Interactive Learning Environments, 25(2), 220-234.
Marlina, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Ni Luh Dina Viana Sari, & Kusmariyatni, N. (2020). The Validity of the Pop-Up Book Media on Puberty Topics for Sixth Grade Elementary School. International Journal of Elementary Education, 4(2), 179–186.
Nisaa’. F. K., & Zuanita. A., 2021. Pengaruh Penggunaan Pop-up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal Of Integrated Elementary Education. 1(2)
Nurfadhillah, Septy. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak
Nurhidayah, N., Jumaeri, J., & Susilaningsih, E. (2021). Development of Video Based on Pop Up Questions Integrated Religious Character Human Digestive System Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 250–255.
Putra, S.R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.
Rohani. 2019. Media Pembelajaran. Universitas Islam Negeri. Sumatera Utara.
Silitonga, Maria Belen, dkk. 2023. The Influence of Pop-Up Book Media on Student Learning Outcomes on Subtema 1 Ecosystem Components Class V at UPTD SD Negeri 122337 Pematang Siantar. International Journal of Integrated Science and Technology (IJIST). Vol.1, No.3, 2023: 225-232
Sundari, Revi. dkk. 2022. Pengaruh Pemberian Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 2 Lais. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(4)
Sutrisno. 2021. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.
Wati, Elis Trisdiana & ulhaq zuhdi. (2017). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasiil Belajar Siswa Tema Ekosistem Kelas V SDN Karangpinang 1 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Wulandari, Intan Sri Ayu. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD Islam Taman Quraniyah. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
PDF downloads: 377