EFEKTIVITAS METODE SQ3R TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT

  • Vina Merina Br Sianipar Universitas HKBP Nommensen
  • Hendry Hamonangan Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Beslina Afriani Siagian Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Mula Sigiro Universitas HKBP Nommensen Medan
Keywords: Metode SQ3R, Peningkatan Pembelajaran, Membaca Cepat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R terhadap peningkatan kemampuan membaca cepat oleh siswa SMP Negeri1 Pangaribuan. Dalam hal ini, peneliti mengambil kelas sebagai populasi dan sebagai sampel peneliti menggunakan dua kelas, yaitu kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimendan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol.Metode yang digunakan dalam eksperimen ini adalah metode eksperimen, yang dilaksanakan tidak mendapatkan perlakuan dan kelas eksperimenmen dapatkan perlakuan metode pembelajaran SQ3R. Alat atau instrumen penelitian ini adalah berbentuk penugasan. Setelah penelitian dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa nilai rata-rata siswa dalam membaca cepat kelas eksperimen 80,62 dengan kategori Baik, sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 70,62 dengan Kategori Rendah, berdasarkan perhitungan diatas dapat diketahui tHitung>tTabel Yani 4,54 > 1, 679.


Abstract
This research aims to determine the effect of the SQ3R method on improving the ability to read quickly. In this case, the researcher took the class as the population and as a sample the researcher used two classes, namely class VIII 2 as the experiment class and class VIII 3 as the control class. The method used in this experiment was the experimental method, which was carried out without treatment and the experimental class received treatment SQ3R learning method. This research tool or instrument is in the form of an assignment. After the research was carried out, it was concluded that the average score of students in speed reading in the experimental class was 80.62 in the good category, while the average in the control class was 70.62 in the low category. Based on the above calculations it can be seen that tCount>tTable Yani 4.54 > 1, 679 .

References

Agusalim, S. R., Sayidiman, & Nurhaedah. (2023). Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat di Kabupaten Takalar. Pinisi Journal of Education, 3(1), 201–211. http://jurnalummi.agungprasetyo.net/index.php/perseda/article/view/432

Atikah, I., Iswara, P. D., & Hanifah, N. (2017). Penerapan Metode Survey , Question , Read , Recite , Review ( Sq3R ) Dengan Permainan “ Pos Pelangi ” Untuk Meningkatkan. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 36–37.

Azharunnailah, H., Rinaldi Supriadi, & Nunung Nursyamsiah. (2023). Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Penguasan Kosa Kata Bahasa Arab. An Naba, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.51614/annaba.v6i1.213

Ilmi, D. N., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2017). Metode Pembelajaran Sq3R Untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 88–99.

Juwariah, J. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 165. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5292

Mahdawati, B. C. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Metode Sq3R. As-Salam: Jurnal Studi Hukum …, 1–18. http://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/assalam/article/view/77%0Ahttps://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/assalam/article/download/77/135

Masykur, Khanafiyah, S., & Handayani, L. (2006). Penerapan Metode SQ3R Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Tata Surya Pada Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 73–78.

Nurhayati, S. (2018). Pengaruh Tehnik Sq3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 15(1), 73–90. https://doi.org/10.19105/nuansa.v15i1.1912

Putri, I. N. R., Yulianto, A., & Kusumaningrum, S. (2023). Penggunaan Metode SQ3R Berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3318

Sakinah, W. P., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Metode Sq3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(1), 38–45.

Selmedani, S., Septiana, V. W., & Lasari, Y. L. (2021). Penggunaan Model Sq3R Untuk Meningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik Kelas Iv Sd. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 4(1), 55–66. https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i1.2657

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Article Metrics
Abstract views: 70
PDF downloads: 145
Published
2024-05-29
How to Cite
Br Sianipar, V. M., Simanjuntak, H. H., Siagian, B. A., & Sigiro, M. (2024). EFEKTIVITAS METODE SQ3R TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT. Jurnal Tunas Bangsa , 11(1), 57-71. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i1.2681
Section
Articles