PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING KELAS V SDN 83 LUBUKLINGGAU

  • Restia Fitriyani Universitas PGRI Silampari
  • Hamdan Hamdan Universitas PGRI Silampari
  • Andri Valen Universitas PGRI Silampari
Keywords: Pengembangan, LKPD, Kearifan Lokal, Cooperative Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk LKPD berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas V Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan (Resarch and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 83 Lubuklinggau. Berdasarkan hasil analisis uji validasi LKPD berbasis kearifan lokal  yang dinilai oleh tiga ahli yaitu, ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi memenuhi kriteria kevalidan dengan skor rata-rata 0,85. Sedangkan dari hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa di peroleh bahwa LKPD berbasis kearifan lokal memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 91,41%. Kemudian analisis penilaian keefektifan diperoleh skor N-Gain rata-rata 0,68 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar LKPD berbasis kearifan lokal materi jenis usaha ekonomi terbukti valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V SDN 83 Lubuklinggau.


Abstract
This research aims to develop teaching materials in the form of LKPD based on local wisdom for fifth grade elementary school students that are valid, practical and effective. This type of research is Research and Development (Resarch and Development) with the ADDIE development model. Data collection techniques through interviews, observation, questionnaires, tests and documentation with research subjects, namely fifth grade students at SD Negeri 83 Lubuklinggau. Based on the results of the validation test analysis of local wisdom-based LKPD which was assessed by three experts, namely, language experts, media experts and material experts, they met the validity criteria with an average score of 0.85. Meanwhile, from the results of the analysis of teacher and student practicality sheet assessments, it was found that the local wisdom-based LKPD met the practical criteria with an average score of 91.41%. Then analysis of the effectiveness assessment obtained an average N-Gain score of 0.68 in the medium category. Based on the research results, it can be concluded that the LKPD teaching materials based on local wisdom regarding economic business types have proven to be valid, practical and effective so they are suitable for use in the learning process in class V at SDN 83 Lubuklinggau.

References

Achmad, W. K. S. (2021). Transformasi Nilai Kearifan Lokal Berbasis Teknologi. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 1, 8–16. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/PROSDING/article/view/1537

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Aradea, R., Cahyono, S., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., & Lestari, N. D. (2022). The Impact of a Scramble-Based Cooperative Learning Model Using Video Media on Student Learning Outcomes. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6551–6558. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2315

Azwar, Saifuddin. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandaso, H., & Sinring, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Journal Tunas Bangsa, 10(2), 105–121.

https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10i2.2220

Dewi, S. D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Team Asisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Di SMP Negeri 20 Pekanbaru. Journal Tunas Bangsa, 10(1), 11–24. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10i1.2086

Febriandi, R. Susanta, A. S,, & Wasidi, W. W. (2019). Validitas lkpd matematika dengan pendekatan saintifik berbasis outdoor pada materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(2),148-158.

Hamalik Oemar. (2011). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hikmah, B. F. R., Artayasa, I. P., & Rasmi, D. A. C. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 345–352. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2550

Kasmini, L., & Satria, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Media Video Animasi Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 10 Kota Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 9(1), 31–43. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1718

Krasovska, O., Miskova, N., & Veremchuk, A. (2020). Professional Training of Future Preschool Teachers in the Field of Artistic and Aesthetic Education by Means of Contextual Learning Technologies. Behavioral Sciences, 10(2), 50. https://doi.org/10.3390/bs10020050

Mailani, E., Tarigan, D., & Sitanggang, A. K. (2024). Development of a Learning Tool using the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Model Based on Thunkable. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 16(1), 31–48. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v16i1.3512

Mastuti, A. G., Hastuti, Y., & Sartika, E. (2023). Student Interest in Mathematics using Routine and Non-Routine Problems in the Rotating Trio Exchange Cooperative Learning Model. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 11(1), 71–82. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v11i1.2982

Mulyati, M., Putri, F. I., & Deswalman, D. (2023). Efforts to Improve Student Activities and Outcomes in Physics Learning Using the Two Stay Two Stray Technical Cooperative Learning Model at Senior High School. Integrated Science Education Journal, 4(1), 30–35. https://doi.org/10.37251/isej.v4i1.294

Nazhirah, N., Israwati, I., & Tursinawati, T. (2024). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas V SD Negeri 1 Beureunuen. Jurnal Tunas Bangsa, 11(1), 44–56. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i1.2600

Nuriantisyah, P., Winarni, E. W., & Koto, I. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV. Jurnal APEDAS: Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 60–71.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif . Jogjakarta: Diva Press.

Rinitami Njatrijani. 2018. Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang.Jurnal Gema Keadilan. Volume 5 Edisi 1, September 2018

Ruslaini, R., Nursafiah, N., Kurniawati, K., & Nurliza, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Co-Op Co-Op Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Tunas Bangsa, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i1.2337

Safirah, R., Rachmadiarti, F., & Ibrahim, M. (2022). Validitas perangkat pembelajaran daring ipa berbasis model inkuiri terbimbing untuk melatihkan literasi sains siswa SMP. Jurnal Education and development Institut, 10(1), 341–346.

Somantri. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujarwo, I. R., & Sumarti, E. (2022). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Pada Materi Semangat Kepahlawanan Dan Cinta Tanah Air Di MIS Gampong Mutia. Jurnal Tunas Bangsa, 9(1), 53–63. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1494

Sundayana, Rostina. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Allfabeta.

Susilo, A., & Irwansyah, Y. (2019). Pendidikan dan Kearifan Lokal Era Perspektif Global. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.193

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79–85.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undari, M., Darmansyah, & Desyandri. (2023). Pengaruh Penerapan Model PJBL (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Abad 21. Jurnal Tunas Bangsa, 10(1), 25–33. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10i1.1970

Widoyoko, Eko Putro. (2022). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Article Metrics
Abstract views: 79
PDF downloads: 46
Published
2024-08-30
How to Cite
Fitriyani, R., Hamdan, H., & Valen, A. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING KELAS V SDN 83 LUBUKLINGGAU. Jurnal Tunas Bangsa , 11(2), 72-83. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i2.2706
Section
Articles