MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DERET KEBAWAH 11-30 MELALUI MEDIA PAPAN HITUNG PADA ANAK TUNARUNGU BERAT (Penelitian Tindakan Kelas VII di SLB Karya Padang)

  • An Nisa Universitas Negeri Padang
  • Setia Budi Universitas Negeri Padang
Keywords: Media Papan Hitung, Penjumlahan, Tunarungu

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada kelas VII di SLB Karya Padang. Terdapat seorang anak perempuan berinisial Z mengalami permasalahan pada kemampuan penjumlahan deret kebawah bersifat puluhan dengan teknik menyimpan. Saat terjadinya proses belajar mengajar guru hanya menggunakan metode tanya jawab dan ceramah serta media sederhana seperti jari, lidi dan batu. Tujuan penelitian ini ialah meningkatkan kemampuan penjumlahan deret kebawah bagi anak tunarungu berat melalui media papan hitung. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, masing-masing siklus dilakukan sebanyak empat kali pertemuan dengan melibatkan proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang sistematis. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kondisi awal anak sebelum diberikan tindakan 20% sedangkan pada siklus I kemampuan anak mengalami kenaikan sebasesar 50% dan pada siklus II kemampuan anak meningkat 100%. HaI ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan atas kemampuan penjumlahan deret kebawah 11-30 pada anak tunarungu meIaIui media papan hitung.


Abstract
The research was motivated by problems found in class VII at SLB Karya Padang. There is a girl with the initials Z who is having problems with her ability to add numbers down tens using the saving technique. During the teaching and learning process, teachers only use question and answer methods and lectures as well as simple media such as fingers, sticks and stones. The aim of this research is to improve the ability to add downward series for children with severe hearing impairments using a counting board. In this research, the method used was classroom action research which consisted of two cycles, each cycle carried out in four meetings involving a systematic process of planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques are obtained through observation, documentation and tests. Based on the research results, it was found that the initial condition of the child before being given action was 20%, while in cycle I the child's ability increased by 50% and in cycle II the child's ability increased by 100%. This shows that there is an increase in the ability to add series down 11-30 in deaf children through the counting board medium.

References

Anan, L. K., & Budi, S. (2023). Meningkatkan Bina Diri Mencuci Piring Melalui Metode Drill pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IX di SLBN 1 Sungai Aur. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(4), 621–628. https://pub.citradharma.org/journal/index.php/eductum/article/view/27%0Ahttps://pub.citradharma.org/journal/index.php/eductum/article/download/27/21

Andrian, D., Budi, S., & Triswandari, R. (2023). Efektivitas Model Explicit Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Menanak Nasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan. 7, 18787–18791.

Andrisani, S., & Iswari, M. (2021). Pengembangan Media Brajiyah (Braille Hijaiyah) untuk Mengenalkan Konsep Huruf Hijaiyah pada Anak Tunanetra. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(2), 108–119.

Ani, N. A., Budi, S., Kasiyati, K., Ardisal, A., & Tsaputra, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding dari Kerang Melalui Media Video Tutorial Pada Anak Tunarungu Improving Vocational Skills in Making Wall Decorations from Shells Through Video Tutorials for Deaf Children. Jurnal Pendidikan, 32(1), 153–158.

Apriliana, Y., Utami, I. S., & Budi, S. (2023). Efekttivitas Media Tangga Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Bilangan 1-10 pada Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8880–8884.

Arvita, E. P., Nurhastuti, N., Damri, D., & Budi, S. (2023). Penggunaan Aplikasi Secil Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Angka 11-20 Pada Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23056–23061.

Ayu, R. P., Efendi, J., Safaruddin, S., & ... (2023). Pengembangan Alat Pengenalan Benda-Benda Berbahaya di Sekolah pada Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian …, 10, 37–44. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/122223

Budi, S. K. S. S. (2023). Efektivitas Media Papan Pintar dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023, 3718–3724. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6294/5249

Budi, S., Nurhastuti, N., & Utami, I. S. (2021). Edukasi Mencuci Tangan Dalam Upaya Pencegahan Virus Corona Melalui Video Tutorial Pada Mahasiswa berkebutuhan Khusus Di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 19–23.

Budi, S., Utami, I. S., Arnez, G., Ernanda, P. W. J., & Saputri, W. (2023). Penerapan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran Bagi Anak Tunadaksa. Jurnal Pendidikan, 32(1), 159–164.

Disa Mela, & Armaini. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berhitung Penjumlahan Menggunakan Media Gelas Bilangan Bagi Anak Diskalkulia. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(1), 151–156.

Edriati, S., Handayani, S., & Sari, N. P. (2017). Penggunaan Teka-Teki Silang Sebagai Sebagai Strategi Pengulangan Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Kelas Xi Ips. Jurnal Pelangi, 9(2), 71–78. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.2047

Febrician, R., & Damri. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Papan Bilangan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(2), 97–102.

Hariandja, K. A., & Fatmawati, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Spelling Puzzle Bagi Anak Disleksia. Jurnal Penelitian Pendidikan …, 9, 60–68. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/111263%0Ahttp://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/download/111263/104559

Hasanah, M. N., Nur’aini, H. D., Aliyah, H., Aji, J. L. F. P., Azuma, M. A., Khoiriyah, M., & Salsabila, R. (2023). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Menyusun Instrumen Penilaian Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 11(2), 62–70.

Iskandar, D. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Anak Berkelanjutan Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter Bidang Taman Kanak-Kanak. PPPPTK DAN PLB BANDUNG.

Jannah, R. N., Wulandari, N. L., & Budi, S. (2020). Pengalaman Belajar Daring Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Pandemi Covid-19 Di Sd Inklusif. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 359. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.8040

MM, F. J., & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Syllabic Method bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research kelas IV di SLBN Simalungun). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).

Nesy.A.M, & kasiyati. (2021). Profil Penyandang Tunarungu Berprestasi Di Cabang Olahraga Atletik Tingkat Nasional. Jurnal Penelitihan Pendidikan Kebutuhan Khusus, 9, 2.

Novel Asri Yeni, & Arisul Mahdi. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Protokol Kesehatan Melalui ModelPembelajaran Kooperatif Tipe (Jigsaw) Pada Mata Pelajaran Bina Diri. Pendidikan Kebutuhan Khusus, 11, 21–26.

Nurhastuti, N., Zulmiyetri, Z., Setia Budi, & Iga Setia Utami. (2021). Ketahanan Mental Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Menghadapi New Normal. Jurnal Buah Hati, 8(1), 20–32. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1204

Nurmaili, K., Mahdi, A., & Utami, I. S. (2024). Pengembangan Alat Pengingat Waktu Sholat Dengan Metode Getaran Dan Cahaya Untuk Meningkatkan Ketaatan Sholat Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 12, 19–22.

Pasaribu, M., & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media flip chart Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research Kelas III DI SLB Negeri Pinangsori). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).

Patrizal, I., Damri, & Irdamurni. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui Media Kotak Angka Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2(3), 236.

Pragesti, N., & Budi, S. (2024). Efektivitas Media Kincir Pelangi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB Insan Mulia. 8, 9104–9111.

Putri, Mahdi, Arisul, Penelitian, J., Khusus, P. K., Alvyenti, Kunci:, K., Balok, A. ;, & Bilangan Bulat, A. ; (2023). Efektivitas Media Balok Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Puluhan bagi Anak Attention Deficit Hyperactivy Disorder. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 11, 1–9.

Shidqi, T. S., & Budi, S. (2023). Penggunaan Metode Multisensori untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Berkebutuhan Khusus: Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 22076–22079. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/10032%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/10032/8123

Syaputri, R. Y. (2019). Profil Keluarga Tunarungu Di Bungus Teluk Kabung. Juppekhhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus.

Tumangger, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Membuat Hiasan Cangkang Kerang Melalui Model Discovery Learning Untuk Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan …, 9, 94–99. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/112450

Utami, I. S., Budi, S., Arnez, G., & Yulita, M. (2023). Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunadaksa Di Sekolah Inklusif. Jurnal Pendidikan, 32(1), 145–152. journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/3570

Wina Julia Ernanda Putri. (2023). Efektivitas Media Pohon Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Deret Kebawah Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Juppekhhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus.

Yuni, A., & Damri, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Kantong Bilangan bagi Siswa Berkesulitan Belajar di SDN 19 Air Tawar Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(2), 129–134.

Article Metrics
Abstract views: 19
PDF downloads: 19
Published
2024-08-30
How to Cite
Nisa, A., & Budi, S. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DERET KEBAWAH 11-30 MELALUI MEDIA PAPAN HITUNG PADA ANAK TUNARUNGU BERAT (Penelitian Tindakan Kelas VII di SLB Karya Padang). Jurnal Tunas Bangsa , 11(2), 111-123. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i2.2711
Section
Articles