PENGARUH MODEL READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN CREATE (RADEC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH BESAR

  • Hairunnisa Ica Universitas Syiah Kuala
  • Tursinawati Tursinawati Universitas Syiah Kuala
  • Rizki Kurniawati Universitas Syiah Kuala
Keywords: Model RADEC, Keterampilan Membaca, Pemahaman Peserta Didik

Abstract

Keterampilan membaca pemahaman merupakan keterampilan berbahasa yang menjadi dasar dari keberhasilan proses pembelajaran namun pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional menyebabkan rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Hal ini tercermin dalam kebiasaan peserta didik saat proses belajar mengajar hanya membolak-balik halaman buku tanpa benar-benar memahami isi teks yang dibaca saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SDN 1 Lambheu Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Lokasi penelitian ini di SDN 1 Lambheu Aceh Besar dengan populasi yang diambil yaitu peserta didik kelas IV A dan peserta didik kelas IV B dengan sample peserta didik kelas IV A berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol dan kelas IV B berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa 9 butir soal pilihan ganda dan 1 essay. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest, sedangkan teknik analisis yang digunakan berupa uji-T (Independent Sample T- Test) dengan bantuan software Statistical Product and Sevice Solution (SPSS) 26 for windows. Hasil pengujian hipotesis dengan statistic uji Independent Sample T- Test diperoleh nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0, 000 < 0, 05. Artinya, kriteria dalam pengambilan keputusan yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SDN 1 Lambheu Aceh Besar.


Abstract
Reading comprehension skills are language skills that are the basis for the success of the learning process, but learning that still uses conventional methods causes students' low reading comprehension skills. This is reflected in the students' habit during the teaching and learning process of just flipping through the pages of the book without really understanding the contents of the text they read while studying. This research aims to determine the effect of the RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) model on the reading comprehension skills of class IV students at SDN 1 Lambheu Aceh Besar. This research uses a quantitative approach with a quasi-experimental type of research with a nonequivalent control group design. The location of this research was at SDN 1 Lambheu Aceh Besar with the population taken, namely class IV A students and class IV B students with a sample of 28 class IV A students as the control class and 31 class IV B students as the experimental class. The instruments used in the research were 9 multiple choice questions and 1 essay. The data collection technique uses tests in the form of pretest and posttest, while the analysis technique used is a T-test (Independent Sample T-Test) with the help of Statistical Product and Service Solution (SPSS) 26 for Windows software. The results of hypothesis testing with Independent Sample T- Test statistics obtained a significance value (2-tailed) of 0.000 < 0.05. This means that the criteria for decision making are Ho rejected and Ha accepted. Based on this, it can be concluded that there is an influence of the RADEC model (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) on the reading comprehension skills of class IV students at SDN 1 Lambheu Aceh Besar.

References

Aldona, R., Pratiwi, C. P., & Tryanasari, D. (2023, June). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar (SD) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create). In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 2, Pp. 333-339).

Alninda, R. (2016). Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Dieng Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung [Skripsi, Universitas Negeri Semarang]. Semarang.

Anugerah Agung Pohan, Yunus Abidin, & Andoyo Sastromiharjo. (2021). Model Pembelajaran RADEC Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (Pp. 250-258).

Hajenita Nining, & Andi Kaharudin. (2020). Pembelajaran Inovatif Dan Variatif. Sulawesi Selatan: Pusta Almaida.

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 87-93.

Iwanda, C., Malika, H., & Aqshadigrama, M. (2022). RADEC Sebagai Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi Covid-19 Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 430-440. https://doi.org/10.5281/zenodo.7494585

Kurniawan, H. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ningsih, Dkk. (2018). Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Schoology Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(2), 85–93.

Nuramalia, Salam, R., & Pagarra, H. (2023). Pengaruh Model RADEC Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Inpres Unggulan Toddopuli. Jurnal Inovasi Pedagogik Dan Teknologi, 1(1), 14–22. Retrieved from https://journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jiptek/article/view/3

Nurfitria. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Dan Penguasaan Konsep Teks Cerpen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar [Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia]. Bandung.

Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 42-51. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i4.14005

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376.

Setiawan, T. Y., Destrinelli, D., & Wulandari, B. A. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran RADEC Di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 133-141. https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.11421

Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 19-34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1853

Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 19-34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1853

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastyana, E., & Sunata, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran RADEC Berbantuan Media Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik. Penelitian Tindakan Kelas. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64390

Widasari, M. U. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode PQ4R Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV MI Islamiyah Sumberrejo Batanghari Lampung Timur. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Metro]. Lampung.

Widiastika, W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Dan Penguasaan Teori Teks Nonfiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Penelitian Eksperimen Kuasi Di Kelas IV SDN Sukamaju Kota Sumedang Tahun Ajaran 2021/2022). Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia]. Bandung.

Wirandari, N. G. A. M., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 55-63.

Zunita, W. H. (2016). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Nyi Ageng Serang Semarang. Skripsi, Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Article Metrics
Abstract views: 11
PDF downloads: 7
Published
2024-08-30
How to Cite
Ica, H., Tursinawati, T., & Kurniawati, R. (2024). PENGARUH MODEL READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN CREATE (RADEC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH BESAR. Jurnal Tunas Bangsa , 11(2), 124-139. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i2.2843
Section
Articles