PENGARUH METODE PEER TUTORING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA SDN 8 SUWAWAL

  • Lilik Hidayatul Musfiroh Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Syailin Nichla Choirin Attalina Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Hamidaturrohmah Hamidaturrohmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: Metode Peer Tutoring, Pendidikan Pancasila, Hasil Belajar

Abstract

Pemilihan metode pembelajaran yang kurang tept menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Dilakukannya riset ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar pendidikan Pancasila siswa kelas V SDN 8 Suwawal dipengaruhi oleh metode peer tutoring. Penelitian yang peneliti laksanakan berdesain one group pretest-postest dan bersifat kuantitatif. Siswa kelas V menjadi populasi dan sampel yang dipilih untuk digunakan dalam riset ini. Temuan dalam penelitian ini memperlihatkan bagaimana pemakaian metode peer tutoring berbantuan video animasi bisa berdampak pada peningkatan hasil belajar. setelah dilaksanakannya postest, siswa memperoleh rata-rata 87,33 dan 55,67 pada pretest. Selain itu, kesimpulan pengujian hipotesis yang dilakukan memakai uji t dan uji regresi linier sederhana memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Metode peer tutoring yang didukung oleh video animasi dapat digunakan guna mendorong peningkatan hasil belajar siswa.


Abstract
The selestion of inappropiate learning methods is a cause of studesnts’ low academic performance. The research aims to determine how the learning outcomes of Pancasila education for fifth-grade students at SDN 8 Suwawal are influenced by the peer tutoring method. The research conducted by the researcher is designed as a one group pretest-postest and is a quantitative nature. Fifth-grade students are the population and sample selected for use in the research. The findings in this research show how the use of peer tutoring assisted by animated videos can impact the improvement of learning outcomes. After the postest was conducted, the students achieved an average of 87,33 and 55,67 on the pretest. In addition, the conclusions from the hypothesis testing conducted using the t-test and simple linear regression test show a significant effect on students’ learning outcomes. The peer tutoring method supported by animated videos can be used to encourage improvements in student learning outcomes.

References

Alifah, A. R. G., & Hijrah Selaras, G. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Tutor Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biogenerasi, 9(2), 1243 - 1248. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i2.4187.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar, 14(1), 15–31.

Anita, Nur., D. (2022). Biostatistik Dasar. Kaizen Media Publishing.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9–18.

Astuti, N. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sdn Simpang Warga 1 Kecamatan Aluh-Aluh. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 33–46. http://dx.doi.org/10.31602/jt.v4i1.7357

Azis, A. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran PPKn Berbasis Budaya Siri’na Pacce Di Sekolah Dasar Untuk Menumbuhkan Karakter Peserta Didik. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ermiati, L., Zuhriawan, M. Q., & Roziqin, M. K. (2024). Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMPN 2 Sumobito. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 569–579.

Fadila, N., & Ritonga, S. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Vlll MTsN 2 Bengkalis. Science and Education Journal, 1(2), 45–54. https://doi.org/10.58290/snej.v1i2.137.

Fitriani, A., Rasmitadila, & Laeli, S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Karimah Tauhid, 3(5), 6155–6170. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13423.

Irfan, M., Syamsiara Nur, Nasir, Y., & SY, N. (2024). Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Mind mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 73-81. https://doi.org/10.31605/bioma.v6i1.3630

Mahmudah, S., & Fauzia, F. (2022). Penerapan Model Simulasi Tentang Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1).

Melandri, R., Arbani, W., & Mina Putra, M. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V MIM 10 Karang Anyar Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

Mubarak, A. Z., Dzaky, A., & Syahrani, S. (2024). Implementasi Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1097–1112. http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3086

Muhammad, I., Risnawati, R., & Rizqa, M. (2024). Pengaruh Penerapan Perangkat Digital dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 26–33. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9369

Nanggala, A. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Multikultural. Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 197–210. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.354

Pamuji, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Peer Tutoring Menggunakan Buku Saku Digital Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik UPT SMPN 35 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Rahayu, N. M. D., & Wiyasa, I. K. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA kelas V SD Gugus III Kecamatan Tabanan. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(2), 249–256.

Rahmadani, R. R., & Surbakti, K. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas III Di UPT. SD NEGERI 064025 Tahun Ajaran 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum), 3(1), 21.

Roslianingsih, C., Ganda, N., & Karlimah, K. (n.d.). Analisis Model Number Head Together (NHT) dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 43–50. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32725

Saputra, A., & Rafulta, E. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Peer Tutoring Disertai Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Alung. Carano Pembelajaran Matematika, 9(1), 1–7.

Vivina Apriliana Br. Siagian, Osco Parmonangan Sijabat, & Janwar Tambunan. (2024). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 095557 Sinaksak. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 2(3), 19–26. Retrieved from https://jurnal.migascentral.com/index.php/p3ji/article/view/226

Kiki Sinurat, Hendra Simanjuntak, & Desi Sijabat. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Subtema 2 Perubahan Energi UPTD SD Negeri 125543 Pematangsiantar. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 2(2), 73–81. Retrieved from https://jurnal.migascentral.com/index.php/p3ji/article/view/205

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31–41. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304

Wadud, A. J., & Lailiyah, S. (2024). Pengaruh Media Ular Tangga Berbasis Genially terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 500 - 511. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1579

Wardani, D. F., Trimadona, E., & Hindun, H. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Peer Tutoring Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Muaro Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Wulandari, D., & Kurniawan, M. I. (2023). Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(2), 578-585. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.1037

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540

Yuniasih, N., Iswahyudi, D., & Ngailo, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Di SDN Bandungrejosari 3 Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 6(1), 1–7.

Article Metrics
Abstract views: 57
PDF downloads: 32
Published
2024-09-27
How to Cite
Musfiroh, L. H., Choirin Attalina, S. N., & Hamidaturrohmah, H. (2024). PENGARUH METODE PEER TUTORING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA SDN 8 SUWAWAL. Jurnal Tunas Bangsa , 11(2), 84-96. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i2.2900
Section
Articles