PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGAMBILAN KEBIJAKAN DI SD NEGERI 5 BANDA ACEH
Abstract
Peran dan fungsi komite sekolah di SD Negeri 5 Banda Aceh masih memiliki kekurangan, terutama dalam pengambilan kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlibatan komite sekolah dalam proses pengambilan keputusan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian mencakup komite sekolah, kepala sekolah, dan 19 guru, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket, serta analisis menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite sekolah tidak selalu dilibatkan dalam penentuan kebijakan karena berbagai kendala. Namun, komite tetap berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui komunikasi, pemantauan, dan pemberian masukan strategis. Dukungan komite terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka serta kolaborasinya dengan kepala sekolah terbukti meningkatkan kualitas pendidikan, dengan hasil angket menunjukkan skor sangat baik (92,10%). Meskipun keterlibatan komite tidak selalu konsisten, sinergi antara komite sekolah, kepala sekolah, dan Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh terbukti efektif dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang berkualitas.
Abstract
The role and function of the school committee at SD Negeri 5 Banda Aceh still have shortcomings, particularly in policymaking. This study aims to analyze the involvement of the school committee in decision-making processes using a descriptive qualitative approach. The research subjects include the school committee, the principal, and 19 teachers, with data collected through interviews and questionnaires and analyzed using the Miles and Huberman method. The findings indicate that the school committee is not always involved in policy determination due to various constraints. However, the committee still plays a crucial role in improving education quality through communication, monitoring, and providing strategic input. The committee’s support for the implementation of the Kurikulum Merdeka and its collaboration with the principal have proven to enhance education quality, with questionnaire results showing an excellent score (92.10%). Although the committee's involvement is not always consistent, the synergy between the school committee, the principal, and the Banda Aceh City Education Office has been effective in achieving quality education goals.
References
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595
Arifin, Z., Safitri, N. N., Zuhro, R. H., & Hasan, A. A. (2025). Manajemen Konflik dalam Pendidikan : Pendekatan Kolaboratif di Sekolah. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 3(1), 38–53. https://doi.org/https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i1.1960
Damanik, R. (2019). Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Dan Komite Sekolah Terhadap Mutu Sekolah. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 41–52. https://doi.org/10.37755/sjip.v5i1.153
Hakim, M. N. (2019). Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto). Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 121–139. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.245
Lestariningtyas, & Miyono, N. (2024). Manajemen Berbasis Sekolah Melalui Pemberdayaan Masyarakat dan Peran Komite Serta Tantangan Pelaksanaannya. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 5(1), 077–086. https://doi.org/10.51874/jips.v5i1.225
Maulida Laily Kusuma Wati, Subyantoro, Subyantoro, & Wagiran. (2024). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1073–1090. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3436
Meliza, Siraj, & Zahriyanti. (2024). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar di Kabupaten Bireuen. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 5(2), 127–168. https://doi.org/10.30596/jppp.v5i2.17397
Meltareza, R., Pingkan, V. O., Melati, G. S., & Rahmansyah, A. (2024). Implementasi Komunikasi Organisasi Pada Panitia Lomba Event Nasional. Jurnal Komunikasi, 17(1), 1–9.
Muiz, A., Anisah, R., Khoiruddin, U., & Indrioko, E. (2024). Kebijakan Pendidikan Dalam Mengatasi Masalah Kualitas , Kuantitas Efektivitas dan Efisiensi. Ihsan; Journal Pendidikan Islam, 2(4), 46–64. https://doi.org/https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i3.272
Nirmayanthi, A., Abdalla, M. A. F., Hasan, M., & Syamsudduha, S. (2024). Implementasi Manajemen Strategik Berbasis Sekolah. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 2(3), 1–10. https://doi.org/10.61292/cognoscere.214
Putri, A. M., Witri, G., & Fendrik, M. (2025). Analisis Dukungan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 019 Langsat Hulu Kabupaten Kuantan Singingi. Journal Tunas Bangsa, 12(1), 28–42. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v12i1
Putri, R. S., & Attalina, S. N. C. (2025). Analisis Problematika Guru Dalam Implementasiiprojek Pelajarppancasila Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Journal Tunas Bangsa, 12(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v12i1
Rusmana, D. (2020). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik Smk. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 17. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p17-32
Safitri, I., Rizki, I., Bahri, S., Dasar, G. S., Farmasi, P. S., & Know, C. (2025). Pengaruh Pendekatan Tpack Dengan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V Sdn 1 Alue Dua. Journal Tunas Bangsa, 12(1), 17–27. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v12i1.3038
Savira, L. (2024). Peran Guru Pada Transformasi Pendidikan Dalam Menyongsong Generasi Emas 2045. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 4(2), 28–36. https://doi.org/10.47887/amd.v4i2.132
Septiana, D. N., Bafadal, I., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pelibatan Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 293–301. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p293
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.pdf
Sudari, Nurhayati, S., Sritini, Setiorini, T. A., & Murniati, N. A. N. (2024). Strategi Penyusunan Dan Implementasi Rks Dan Rkas Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(4). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21479
Sunaryo, H., & Chamisijatin, L. (2009). Pengembang Dan Strategi Pengembangan Kurikulum Sekolah. Jurnal Pendidikan, Unit 5, 1–26.

