ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI PROJEK PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

  • Rellysma Septiani Putri Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Syailin Nichla Choirin Attalina Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: Guru, Projek Pelajar Pancasila, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian iniKbertujuan untuk menganalisis problematika yang dihadapi guru dalam implementasi ProjekkPelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka di SD Negeri 08 Suwawal. Metode yang diterapkan dalamnpenelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan teknikkpengumpulan data dilakukannmelalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Has il penelitian menunjukkanKbeberapa problematika yang dihadapi guru, seperti kurangnya pemahaman dan kesiapan guru, keterbatasan sumber daya, kesulitan alokasi waktu, tantangan dalam penyampaian materi, dan kesulitan mengelompokkan peserta didik. Solusi yang dapat diusulkan yaitu, diadakannya pelatihan untuk guru, meningkatkan akses sumber daya, merencanakan kegiatan lebih fleksibel, serta mengembangkan strategi pembelajaran yang bervariasi dan memberikan motivasi untuk kolaborasi peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusindalam meningkatkan efektivitas implementasi Projek Pelajar Pancasila di sekolah dasar.


Abstract
This studyiaims to analyze the problemssfaced by teachers in implementinggthenPancasila Student Project in the Merdeka Curriculumiat SD Negeri 08 Suwawal. The method applied in this research is descriptiveequalitative, with data collectionncarriedoout through observation, interviews, and documentation. The resultssshowed several problems faced by teachers, such as lack of understanding and readinessiof teachers, limiteddresources, difficulty in allocating time, challenges in delivering material, and difficulty grouping students. Solutions that can be proposed are conducting training for teachers, improving access to resources, planning activities more flexibly, and developing varied learning strategies and providing motivation for learner collaboration. This researchais expected to contribute to improving the effectiveness of Pancasila Learner Project implementation in elementary schools.

References

A. Muri, Y. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media Group.

Abdurrahman, S. ., & Kibtiyah, A. . (2021). Strategi Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Dengan Memahami Gaya Belajar Siswa (Studi Kasus Di Ma Al-Ahsan Bareng). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6444–6454. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1964

Anita, Y., Kiswanto Kenedi, A., Azizah, Z., Safitri, S., & Khairani, R. (2023). Pelatihan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Teknologi Untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 367–380. https://doi.org/10.32529/tano.v6i2.2652

Farliana, N., Rusdarti, & Sakitri, W. (2023). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Strategi Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 484–493. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i3.367

Fauziah, E., Lena, M., Iraqi, H., & Putri, I. (2023). Persepsi Guru Kelas Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 525-532. https://doi.org/10.5281/zenodo.8248403

Hadianto, S. (2018). Perbaikan Iklim Kelas untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi. 1–8.

Hamidah, J. (2022). Pelatihan Penyusunan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Pada Kepala Sekolah dan Guru-Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Jurnal Cemerlang, 4(2), 259–271. https://doi.org/10.31540/jpm.v4i2.1625

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Hijran, M., & Fauzi, P. (2023). Proyek Profil Pelajar Pancasila terhadapt Karakter Pribadi Siswa di Kota Pangkalpinang. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 796-804. https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4954

Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri …, 1(2012), 12–21. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/download/396/359

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., & Mayanti, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. 3.

Liya Lisnawati, Wahyudin Wahyudin, & Jennyta Caturiasari. (2023). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 1(3), 48–78. https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i3.36

Maulida, U., & Tampati, R. (2023). Gaya hidup berkelanjutan melalui projek penguatan profil pelajar pancasila. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14-21.

Mukti, W. M., Puspita, Y. B., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis. Webinar Pendidikan Fisika 2020, 5(1), 51–59.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475

Nabila, W., Encep Andriana, & Rokmanah, S. (2023). Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2865 - 2874. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2164

Nia Fatmawati. (2023). Analisis Problematika Guru Pendidikan Agama Islam pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Nuzulia, A. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Bidang Seni Kreatif Di Sma Negeri 13 Pekanbaru Tesis. Universitas Negeri Padang. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50402

Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 138.

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Salam, F. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka Di Homeschooling. C.E.S 2023 Confrence Of Elementari Study, 271.

Sari, R., Usman, A., Mudayanti, A. R., & Nasihudin, M. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.78

Seni Asiati, U. H. (2022). Indonesia melalui Kementerian Pendidikan , Kebudayaan , Riset dan Teknologi memiliki Visi karakteristik kurikulum Merdeka yaitu adanya projek penguatan profi l Pancasila . Kurikulum Merdeka peserta didik pada satuan pendidikan .( Sari et al ., 2022 ). dal. 19(2), 61–72.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121–128. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Suriani, Lilis; Nisa, Khairun; Affandi, L. H. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(3), 1458–1463. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5464

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Taher, T. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21–27. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.17463

Widiyanto, I., & Wahyuni, E. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 4(2), 16-35. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v4i2.607

Untu, H. I., & Dien, A. M. (2024). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Di SD Katolik 3 St. Fransiskus Xaverius Woloan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(6).

Zuchri, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. syakir Media Press.

Zulaiha, S., Meldina, T., Agama, I., Negeri, I., Ak, J., No, G., ... & Lebong, R. (2022). Problematika Guru Dalam Merdeka Belajar Menerapkan Kurikulum. Terampil J. Pendidik. dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163-177. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13974

Zuraini, Z., & Nurhayati, N. (2021). Efektifitas Pembelajaran E-Learning Diera New Normal. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 130-136. https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.193

Article Metrics
Abstract views: 308
PDF downloads: 177
Published
2025-02-28
How to Cite
Putri, R. S., & Choirin Attalina, S. N. (2025). ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI PROJEK PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Bangsa , 12(1), 1-16. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v12i1.2979
Section
Articles