ANALISIS DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 019 LANGSAT HULU KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 019 Langsat Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi. Metode yang digunakan adalah studi kasus yang termasuk dalam pendekatan penelitian kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai metode untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini bentuk dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa meliputi dukungan emosional, instrumental, informasi, dan penghargaan. Namun, intensitas serta bentuk dukungan yang diberikan bervariasi, dipengaruhi oleh faktor pendidikan dan pekerjaan orang tua. Secara umum, sebagian besar siswa telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), tetapi masih ditemukan adanya beberapa orang siswa yang kesulitan memenuhi standar tersebut. Dengan demikian berarti menunjukkan bahwa hasil belajar matematika juga dipengaruhi oleh dukungan yang diberikan oleh orang tua. Orang tua dengan pekerjaan tetap dan tingkat pendidikan yang lebih tinggi lebih mampu untuk memberikan dukungan secara konsisten, sehingga anak lebih mudah mencapai hasil belajar yang baik. Sebaliknya, orang tua dengan pekerjaan tidak tetap dan pendidikan lebih rendah sering menghadapi kendala dalam memberikan dukungan emosional karena kesibukan kerja, fasilitas belajar yang terbatas, serta minimnya pemahaman terhadap materi pelajaran sang anak, yang berdampak pada hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini mengungkapkan bahwa dukungan dari orang tua berperan penting dalam hasil belajar matematika siswa. Namun demikian bentuk dukungan yang diberikan bervariasi tergantung pada latar belakang pendidikan dan pekerjaan orang tua. Dukungan yang konsisten akan membantu siswa mencapai hasil belajar yang baik, sementara keterbatasan dalam dukungan dapat menjadi hambatan. Oleh karena itu, keterlibatan orang tua pada proses pendidikan anak perlu ditingkatkan untuk mendukung pencapaian akademik yang optimal.
Abstract
This study aims to describe how parental support for the mathematics learning outcomes of fourth-grade students at SDN 019 Langsat Hulu, Kuantan Singingi Regency. The method used is a case study which is included in the qualitative research approach. Techniques in collecting data are observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that the form of parental support for students' mathematics learning outcomes includes emotional support, instrumental support, information, and appreciation. However, the intensity and form of support provided vary, influenced by the education and occupation factors of the parents. In general, most students have achieved the Minimum Completion Criteria (KKM), but there are still some students who have difficulty meeting these standards. Thus, it means that mathematics learning outcomes are also influenced by the support provided by parents. Parents who have permanent jobs and higher levels of education tend to be able to provide consistent support, so that children find it easier to achieve good learning outcomes. Conversely, parents with non-permanent jobs and lower education often face obstacles in providing emotional support due to workload, limited learning facilities, and minimal understanding of the child's learning material, which has an impact on student learning outcomes. The conclusion of this study reveals that parental support plays an important role in students' mathematics learning outcomes. However, the form of support provided varies depending on the educational background and occupation of the parents. Consistent support will help students achieve good learning outcomes, while limitations in support can be an obstacle. Therefore, parental involvement in the child's educational process needs to be increased to support optimal academic achievement.
References
Apriyanti, A., Hartini, H., & Fadila, F. (2023). Pengaruh Bimbingan dan Konseling Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3970–3979. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6525
Arif Rachman, E. Yochanan, A. I. S. (2024). Penelitian kualitatif, Kuantitatif Dan R & D.
Budiati, Y. M., & Muhadi, F. (2022). Pengaruh Dukungan Orang Tua Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Lintas Minat) Di Sma Negeri 1 Kalasan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 15(2), 27–36. https://doi.org/10.24071/jpea.v15i2.4600
Fendrik, M. (2019). Pengembangan kemampuan koneksi matematis dan habits of mind pada siswa. Media Sahabat Cendekia.
Fendrik, M., Kemampuan, P., & Matematis, K. (2019). Koneksi Matematis Dan Habits of Mind Pada Siswa. In Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Habits of Mind Pada Siswa.
Fendrik, M. (2017). The Effect of Media Visual in Three Dimensions Towards the Result of Math Learning at Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 1-14.Hardianto, G., Erlamsyah, E., & Nurfahanah, N. (2016). Hubungan antara Self-Efficacy Akademik dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor, 3(1), 22. https://doi.org/10.24036/02014312978-0-00
Frisnoiry, S., Simanjuntak, R. A. P., Samosir, M. I., & Tanjung, J. Y. (2024). Analisis Pengaruh Pendapatan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9366–9373. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11272
Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Foera-era Lase, J., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip. (2024). Pendidikan Karakter Gen Z di Era Digital. 132. https://books.google.co.id/books/about/Pendidikan_Karakter_Gen_Z_di_Era_Digital.html?id=seH8EAAAQBAJ&redir_esc=y
Muhammad Hasan, T. K. H., Syahrial HasibDr. Inanna, S.Pd., M.Pd.uan, I. R., Sitti Zuhaerah Thalhah, C. U. R., Ratnaningsih, P. W., Herman, A. A. M., Nursaeni, Yusriani, N., Dumaris E. Silalahi, S. H. H., & Azwar Rahmat, Faridatul Ulfah, M.Hum, N. A. (2023). Metode penelitian kualitaf.
Rachman, H. R., & Yamin. (2023). Analisis Peran Orang Tua Dalam Prestasi Belajar Siswa Kelas Iii Di Sdn Pejaten Barat 08 Pagi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(2), 528–540. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9301
Rahmadina, F. S., Rahmadina, F. S., & Firmiana, M. E. (2021). Bentuk Dukungan Orang Tua Pada Anak Usia Dini (Aud) Selama Belajar Dari Rumah (Bdr). Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 18. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.629
Ramadhan, J., & Ichsan. (2021). Pengaruh Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Di Sekolah. Jurnal WANIAMBEY: Journal Of Islamic Education, 2(2), 69–78.
Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (2020). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Cinta Damai Manggarai Timur. 112, 1–7.
Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Issue 112).
Sahir, S. H. (2022). Buku ini di tulis oleh Dosen Universitas Medan Area Hak Cipta di Lindungi oleh Undang-Undang Telah di Deposit ke Repository UMA pada tanggal 27 Januari 2022.
Saputri, A., Fadhilaturrahmi, & Fauziddin, M. (2022). Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 455–462. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.51036
Sirajuddin Saleh. (2017). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 1, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 283–294. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.33
Sugiharto, S. (2021). Upaya Peningkatan Motivasi Peserta Didik dan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Lengkung Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning, Pendekatan Pembelajaran Tipe Jigsaw dan Media Benda Asli Peserta Didik Kelas IX-K SMP Negeri 6 Tulungagung. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah |, 90(1), 90–95. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v1i1.1
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Trisnawati, Y., & Suwanda, I. M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab Anak Pada Pembelajaran Daring Di Dusun Winong Kabupaten Ngawi. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(2), 274–288. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n2.p274-288
Witri, G. (2017). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Untuk Meningkatkanhasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar Di Pekanbaru. Jurnal Pigur, 1(2), 93–104.
Yuliana, D., & Miatun, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berdasarkan Self Efficacy Dan Gender. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(2), 231. https://doi.org/10.25157/jwp.v10i2.11126

