PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 4 BANDA ACEH

  • Zainal Abidin Suarja Dosen STKIP Bina Bangsa Meulaboh
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Metode Eksperimen, Prestasi Belajar Siswa, Organ Tubuh Manusia

Abstract

Beberapa guru sains masih berorientasi untuk menghabiskan materi pelajaran yang sangat padat pada kurikulum dari pada pelaksanaan pembelajaran yang bermakna akibatnya konsep yang dimiliki siswa terhadap materi pelajaran lemah, metode yang diterapkan masih konvensional, dan interaksi guru dan murid tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif melalui Metode Eksperimen dalam peningkatan prestasi belajar siswa, dan aktifitas guru dan siswa dalam model pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Banda Aceh yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Data hasil observasi dan tes dianalisis dengan menggunakan statistik deksrikptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif metode eksperimen dari siklus I sampai siklus III, hal tersebut mengindikasikan bahwa model pembelajaran tersebut efektif dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, aktivitas guru dalam pembelajaran telah mencerminkan pelaksanaan pembelajaran kooperatif metode eksperimen dibuktikan dengan hasil yang mencapai maksimal pada siklus terakhir walaupun reaksi yang didapat beragam dari setiap eksperimennya dan aktivitas siswa dalam pembelajaran juga telah mencerminkan pelaksanaan pembelajaran kooperatif metode eksperimen dengan efektif sehingga siswa dapat memahami konsep-konsep pembelajaran.

References

Arends, R. (1997). Classroom Instruction and Management. New York: McGraw Hill Companies.

Arikunto, Suharsimi. (2004). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa.

Hatimah, Ihat. (2000). Strategi dan Metode Pembelajaran. Bandung: Adira

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Kasbollah, Kasihani. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta. Depdikbud.

Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2004). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M. Ngalim, Purwanto. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.

Nasution, Andi Hakim (1992). Bakat dan Kreatifitas. Bandung: Pustaka Buana.

Nurhadi, dkk. (2004). Pembelajaran Kontektual (Contextual Teaching And Learning/ CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

Resmini, Novi (2006). Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Bandung. UPI Press.

Rosyada, Dede. (2004). Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana.

Roslionto (2006). Pengertian Sains, Teknologi dan Masyarakat. PGSD. NTT

Rusidi. (1998). Dasar-dasar Penelitian dalam Rangka Pengembangan Ilmu, Bandung: Program Pascasarjana Unpad.

Sastrosupadi, A, (2000). Rancangan Percobaan Praktis, Kanisius, Malang.

Sudjana, Nana. (2000). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Surachmad, Winarno. (1990). Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jerman.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winkel, W.S (1996). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Wikipedia (2013). Sains. Tersedia di http://id.wikipedia.org/wiki/sains. Ensiklopedia Bebas.

Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Biograf Publishing.

Article Metrics
Abstract views: 468
PDF downloads: 623
Published
2014-02-28
How to Cite
Zainal Abidin Suarja. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 4 BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa , 1(1), 1-14. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/591
Section
Articles