PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kondisi pembelajaran pendidikan akidah akhlak di SD Negeri Ulee Kareung, serta sejauh mana motivasi siswa di sekolah tersebut terhadap mata pelajaran akidah akhlak khususnya pada materi akhlak terpuji dan akhlak tercela. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi pembelajaran akidah akhlak pada materi akhlak terpuji dan akhlak tercela pada saat proses belajar mengajar berlangsung serta peneliti ingin mengetahui bagaimana motivasi siswa kelas VI SD Negeri Ulee Kareung terhadap mata pelajaran akidah akhlak. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, peneliti mengobservasi langsung proses belajar mengajar mata pelajaran akidah akhlak pada materi akhlak terpuji dan akhlak tercela dan peneliti juga mengedarkan angket kepada siswa-siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji persentase. Dari hasil analisis diperoleh nilai pada APKG 1 total skor 4,17 dan APKG 2 total skor 4,00 (nilai tertinggi pada APKG adalah 5,00). Pernyataan siswa dalam angket terhadap mata pelajaran akidah akhlak 89% siswa menyatakan sangat senang, 82% memberikan jawaban yang benar tentang pengertian akhlak terpuji dan akhlak tercela dan 100% siswa dapat menjawab contoh dari akhlak terpuji dan akhlak tercela.
References
Amin, Ahmad. 1995. Etika (Ilmu Akhlak). Jakarta: Bulan Bintang
Anas M Adam. 2012.Karakter Dan Akhlak Siswa di Aceh Merosot. Serambi Indonesia Tanggal 5 Desember di Banda Aceh.
Asmaran, 1992. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Rajawali Pers
Ayine Al Jawi. Adil dan Bijaksana. Di akses melalui http: //blogspot.com/2012/12
Departemen Agama RI. 2001. Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi. Jakarta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 1995. Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta
Dinas Pendidikan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.2002. Kurikulum Pendidikan Agama Islam Madrasah Dasar. Banda Aceh.
Hadi Rukiah. Akhlak Tercela. Di akses melalui blogspot.com/html/07/2010
Juansyah. Pengertian Karakter. Di akses melalui internet wordpress.com. 2012/07/29
Kajad. Telaah Kurikulum Akidah Akhlak Madrasah. Di akses melalui blogspot.com/2010/07.
Kerajaan Saudi Arabia. 1990. Alqur’an dan Terjemahannya. Kementerian Agama Islam Kerajaan Saudi Arabia 1424 H.
Lexy J Moleong.1991. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
Mahanani. Penelitian adalah. Di akses melalui internet www.edukasiweb/2012/04/27
Masy’ri. 1995. Proses Pembelajaran Akidah Akhlak. Di akses melalui blogspot Efendi Hatta.com/2009/11.
Moh. Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
Mokhammad Taufik. 2009. Akidah Akhlak. Kelas VI. Semarang: CV. Aneka Ilmu
Muhammad Ali.2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern. Jakarta: Pustaka Amani.
Muhtar Adam. 1996. Pendidikan Agama Islam. Surakarta: PT Pabelan.
Nasution. 2008. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Nilawati, dkk. 1996. Budi Pekerti /Akhlak. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Aceh.
Pariata Westa,dkk. 2010. Pelaksanaan Pembelajaran. Ghalia Indonesia Pengawas TK / SD. Peneltian Tindakan Sekolah. Diakses melalui internet Wordpress.com/2011/09/18.
Rahmawan. Ciri Ciri Orang Fasik. Di akses melalui blogspot.com/05/2013.
Refni Delfi, Wahyuni Kadarko. 2007 , Kinerja Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di Kelas: Studi Evaluatif Terhadap Lulusan Program Akta Mengajar FKIP. Universitas Terbuka, Jurnal Pendidikan, Volume 8, Nomor 2 September 2007.
S. Nasution. 2004. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
Umar Tirtarahardja, S.L. La Sulo.2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

