PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI ULEE GLE PADA PELAJARAN SAINS MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA

  • Lina Amelia STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Teuku Nailul Munadi STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Materi Perubahan Wujud Benda

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Penerapan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siwa Kelas IV SD Negeri Ulee Gle Mata Pelajaran Sains Materi Perubahan Wujud Benda”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Ulee Gle dalam proses pembelajaran melalui penggunaan metode demonstrasi pada pelajaran IPA materi perubahan wujud. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Ulee Glee sebanyak 25 orang siswa, sedangkan objek penelitian adalah penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes unjuk kerja, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,63 (72,60%) dan pada siklus II sebesar 4,38 (87,60%). Siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran dengan penggunaan metode demonstrasi, siswa lebih aktif dalam proses belajar. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,64 (72,80%) dan pada siklus II sebesar 4,43 (88,60%). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat sigifikan setelah diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi pada materi perubahan wujud benda. Pada siklus I, siswa mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 67,60 dengan ketuntasan 16 orang siswa (64%) dan pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 75,60 dengan ketuntasan sebanyak 24 orang siswa (96%).

References

Abdurrahman, Mulyono.2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka cipta.

Abu Ahmadi; Jokotriprasetya. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Alma, Bukhari. 2010. Guru Profesional Menguasai Metode Dan Trampil Mengajar. Bandung: CV Alfabeta.

Arikunto Suharsimi. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahar. 2003. Belajar dan pembelajaran. Surabaya: UNESA University Press.

Drs. Priyono dan Titik Sayekti, M.Pd, “Ilmu Pengetahuan Alam” untuk SD dan MI Kelas III. Surakarta : Januari 2007 CV. Grahadi

Muhibin Syah. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Rosdakarya.

Nana sudjana. 2000. Dasar-dasar proses belajar mengajar.Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Nashar, N. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no. 22 Tahun 2006 Tentang Standar isi.

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

RIPA (Rangkuman Ilmu Pengetahuan Alam) untuk SD, SMP, SMA, DAN UMUM, Jakarta April 2008 : Pustaka Harapan Kita.

Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Profesi Pendidikan. Jakarta: Predana Media Group.

Sastra Wijaya. 2008. Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Jakarta: direktorat Pendidikan dasar Menengah.

Siberman, 2009. Active learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogjakarta: Pustaka Insan Madani.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfa Beta

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Tim Penyusun Kamus Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2003. Kamus besar Bahasa Indonesia, Edisi kedua, cetakan kesepuluh, Jakarta: Balai Pustaka.

Article Metrics
Abstract views: 1476
PDF downloads: 1422
Published
2014-02-28
How to Cite
Lina Amelia, & Teuku Nailul Munadi. (2014). PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI ULEE GLE PADA PELAJARAN SAINS MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA. Jurnal Tunas Bangsa , 1(1), 55-82. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/594
Section
Articles