UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PAKEM PADA SISWA KELAS III SD NEGERI UJONG LEUBAT

  • Hamdiah STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Musdiani STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran IPS, Model PAKEM

Abstract

Studi tentang Penigkatan Hasil Belajar siswa pada pelajaran IPS melalui Pendekatan model PAKEM ini, ingin membawa siswa dalam pembelajaran yang nyata sesuai dengan karakteristik siswa dan karakteristik daerah sehingga pembelajaran lebih bermakna bagi siswa itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. PTK ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Prosedur pelaksanaannya mengacu model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggrt dimana pada satu siklusnya terdiri atas empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan subjek penelitian siswa siswi kelas III SD Negeri Ujong Leubat Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini diawali dengan kegiatan observasi dengan guru kelas III dilanjutkan dengan diadakan kalaborasi antara pengamat dan peneliti dalam penyusunan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan. Observasi dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil akhir penelitian ini adalah peristiwa belajar sebagai suatu proses interaktif yang mununjukkan proses pembelajaran siswa dengan pendekatan model PAKEM dapat.meningkatkan interaksi dan komonikasi antara guru dan siswa, Siswa lebih kreatif memamfaatkan sumber belajar dalam konteksnya. Hasil pembelajaran siswa yang dilaksanakan dua siklus terdiriĀ  32 siswa dianggap sudah menguasai kompetensi dasar pembelajaran IPS karena telah memperoleh nilai diatas 65, secara presentase terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari 50,00% menjadi 90,63%. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan mendapatkan perubahan cara belajarpada siswa dengan memamfaatkan lingkungan nyata sebagai sumber belajarnya. karena dengan membawa siswa dalam dunia nyata pembelajaran lebih bermakna, sesuai dengan prinsip model PAKEM. Sedangkan mamfaat yang di peroleh dari Penelitian tindakan Kelas ini adalah menambah kontribusi ilmiah dibidang ilmu pendidikan, khususya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca. Metode yang penulis gunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah pendekatan model PAKEM. Akhirnya penulis mendapat kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan belajar siswa dalam proses belajar mata pelajaran IPS melalui pendekatan model PAKEM dapat memberi makna bagi siswa dalam kehidupannya.

References

Arikunto Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azis Wahab, Abdul. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Dahar Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Iskandar, Srini. M. 2000. Pendidikan Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurikulum 2004. Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. 2003. Jakarta: School Development Project).

Mulyani, Sumantri, 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Muslich, Mansur. 2007. Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparno, Paul. 2001. Filsafat Konstruktifisme Dalam Pendidikan. Kanisius Yokyakarta. KTSP Pembelajaran.

Sagala Saiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sutanto et.al. 2004. Sains: Klaten: Sahabat.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Tiori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Article Metrics
Abstract views: 703
PDF downloads: 305
Published
2014-08-30
How to Cite
Hamdiah, & Musdiani. (2014). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PAKEM PADA SISWA KELAS III SD NEGERI UJONG LEUBAT. Jurnal Tunas Bangsa , 1(2), 1-13. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/596
Section
Articles