PENGGUNAAN METODE INKUIRI PADA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 30 BANDA ACEH

  • Eliana STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Lina Amelia STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Metode Inkuiri, Materi Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Penggunaan Metode Inkuiri Pada Materi Penyesuaian Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 30 Banda Aceh” yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 30 Banda Aceh yang berjumlah 22 orang serta seorang guru sebagai pengamat, sedangkan objek penelitian adalah penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,63 (72,60%) dan pada siklus II meningkat sebesar 4,6 (92%). Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,5 (70%) dan pada siklus II meningkat lebih baik dan mencapai nilai sebesar 4,5 (90%). Hasil belajar pada siklus I, siswa mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 76,36 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 17 siswa (77,27%) dari 22 siswa yang ada, sementara siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 orang siswa (22,73%). Pada Siklus II, nilai rata-rata kelas yang dicapai oleh siswa sebesar 86,37 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 21 siswa (95,45%) dari 22 siswa yang ada, sementara siswa yang tidak tuntas berjumlah 1 orang siswa (4,55%).

References

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bundu, Patta. 2007. Penilaian Ketrampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Pres.

Djamarah, Bahri. 2006. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Garton, Janetta., 2005. Inquiry-Based Learning. Willard R-II School District: Technology Integration Academy.

Gulo. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grassindo.

Hamalik. 2006. Media Pendidikan. Bandung: Citra Adiyata.

Hanafiah. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Haryanto. 2004. Sains Kelas V. Jakarta: Erlangga.

Jihad, Asep. 2008. Guru Professional.Bandung: Cipta Persada.

Mukhlis. 2005. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep; Karakteristik Dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2010. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ramayulis. 1995. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Rusefendi, E.T. 1998. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Saliman. 2007. Pengantar Pengembangan Kompetensi Pengajaran. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Subrata. 2000. Pemantapan Kemampuan Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supardi. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo.

Syaefuddin. 2008. Mengajarkan IPA dengan Metode Inkuiri. Jakarta: Depdikbud.

Taniredja, Tukiran. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Thabrani, A. 2011. Pedoman Mengajar Sains. Jakarta: Intimedia Ciptanusantara.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Prenada Media Group.

Trisno. 2008. Model Inkuiri. Jurnal Pendidikan (Online). (www.elearning.jogja.com). Diakses Pada Tanggal 20 April 2014

Article Metrics
Abstract views: 300
PDF downloads: 287
Published
2014-08-30
How to Cite
Eliana, & Lina Amelia. (2014). PENGGUNAAN METODE INKUIRI PADA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 30 BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa , 1(2), 14-43. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/597
Section
Articles