PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA

  • Abdul Mutaleb STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Isthifa Kemal STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Penerapan, Number Heads Together (NHT), Meningkatkan Membaca

Abstract

Penelitian tentang ” Penerapan Number Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Membaca pada Siswa Kelas V SD Negeri 10 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara” diadakan karena permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, di mana masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam Meningkatkan Membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan Kelas V SD Negeri 10 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara dalam Meningkatkan Membaca dengan Penerapan Number Heads Together (NHT), tahap pelaksanaan, dan pada tahap evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Penelitian dilakukan terhadap 30 sumber data yakni murid Siswa Kelas V SD Negeri 10 Tanah Jambo Aye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam Meningkatkan Membaca dengan Penerapan Number Heads Together (NHT). Dari nilai tes awal diperoleh 3,3% siswa yang tuntas, siklus I mencapai 67% dan siklus II 87% siswa yang tuntas dalam belajarnya. Selanjutnya ditinjau dari segi proses pada siklus 1 tindakan guru 72,5% meningkat menjadi 83,5% pada siklus 2. Kemudian pada kegiatan siswa hasil observasi siswa pada siklus 1 adalah 76% dan mengalami peningkatan yaitu 90% pada siklus 2. Respon siswa menyatakan senang terhadap Penerapan Number Heads Together (NHT). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Number Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Membaca dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Meningkatkan Membaca.

References

Ahuja. 2010. Membaca: Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama

Arikunto, Suharsimi. 2009, Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah & Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta

Dimyati& Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Gulo, W. 2002. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta Hamzah. B. Uno. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara: Jakarta

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Moleong, J. Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangannya. Kencana Prenada: Jakarta

Soedarso. 2006. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT. Gramedia

Suryo. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta: Jakarta

Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.Kencana Prenada: Jakarta

Safwan Amin. 2005. Pengantar Psikologi Pendidikan. Yayasan PeNA: Banda Aceh

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group: Jakarta

Tim Penyusun. 2011. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh : STKIP Bina Bangsa Getsempena

Article Metrics
Abstract views: 285
PDF downloads: 388
Published
2014-08-30
How to Cite
Abdul Mutaleb, & Isthifa Kemal. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA. Jurnal Tunas Bangsa , 1(2), 44-69. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/598
Section
Articles