PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA
Abstract
Penelitian tentang ” Penerapan Number Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Membaca pada Siswa Kelas V SD Negeri 10 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara” diadakan karena permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, di mana masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam Meningkatkan Membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan Kelas V SD Negeri 10 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara dalam Meningkatkan Membaca dengan Penerapan Number Heads Together (NHT), tahap pelaksanaan, dan pada tahap evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Penelitian dilakukan terhadap 30 sumber data yakni murid Siswa Kelas V SD Negeri 10 Tanah Jambo Aye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam Meningkatkan Membaca dengan Penerapan Number Heads Together (NHT). Dari nilai tes awal diperoleh 3,3% siswa yang tuntas, siklus I mencapai 67% dan siklus II 87% siswa yang tuntas dalam belajarnya. Selanjutnya ditinjau dari segi proses pada siklus 1 tindakan guru 72,5% meningkat menjadi 83,5% pada siklus 2. Kemudian pada kegiatan siswa hasil observasi siswa pada siklus 1 adalah 76% dan mengalami peningkatan yaitu 90% pada siklus 2. Respon siswa menyatakan senang terhadap Penerapan Number Heads Together (NHT). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Number Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Membaca dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Meningkatkan Membaca.
References
Ahuja. 2010. Membaca: Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama
Arikunto, Suharsimi. 2009, Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah & Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta
Dimyati& Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Gulo, W. 2002. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta Hamzah. B. Uno. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara: Jakarta
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Pustaka Pelajar: Yogyakarta
Moleong, J. Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangannya. Kencana Prenada: Jakarta
Soedarso. 2006. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT. Gramedia
Suryo. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta: Jakarta
Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.Kencana Prenada: Jakarta
Safwan Amin. 2005. Pengantar Psikologi Pendidikan. Yayasan PeNA: Banda Aceh
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group: Jakarta
Tim Penyusun. 2011. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh : STKIP Bina Bangsa Getsempena
PDF downloads: 388