PENGARUH PEMBELAJARAN CTL DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 8 BANDA ACEH

  • Helminsyah STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Anwar Husein STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Pembelajaran CTL, Ketutasan Prestasi Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu kajian tentang pengaruh pembelajaran CTL dalam meningkatkan ketuntasan prestasi belajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 8 Banda Aceh. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah Apakah pembelajaran CTL dapat berpengaruh meningkatkan ketuntasan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 8 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini secara mengetahui informasi tentang pengaruh pembelajaran CTL dalam meningkatkan ketuntasan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 8 Banda Aceh, dalam usaha pembinaan dan mengembangkan mutu pengajaran IPA pada sekolah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V pada SD Negeri 8 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) data hasil belajar diambil dengan memberikan tes kepada siswa, (2) data hasil prestasi dan situasi belajar mengajar dengan menggunakan strategi contextual teaching learning (CTL) diambil menggunakan observasi dan lembar pengamatan, (3) pengolahan data, (4) penyajian data, dan (5) analisa data dan pembahasan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes formatif. Hasil penelitian tentang pengaruh pembelajaran CTL dalam meningkatkan ketuntasan prestasi belajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 8 Banda Aceh menunjukan bahwa nilai rata-rata pada pre test awal sebelum CTL adalah 54 dan pre test akhir setelah CTL nilai siswa meningkat dengan rata-rata 73, hal ini menunjukan bahwa pengaruh pembelajaran CTL dalam meningkatkan ketuntasan prestasi belajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 8 Banda Aceh berada pada kategori baik.

References

Anis Syafi atin, 2010. Penggunaan strategi contextual teaching learning (CTL) dengan pendekatan inquiry dalam meningkatkan prestasi belajara IPA siswa kelas V semester II pada pokok bahasan magnet di MI Al-Hikmah Sumberrejo Gedangan Malang. Malang: UIN Malang.

Anonym, 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI (KTSP). Jakarta : Depdiknas KKPS Kabupaten Malang.

Anonym, 2004. Pendekatan Kontekstual. Jakarta : Depdiknas KKPS Kabupaten Malang.

Anonym, 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta : Depdiknas KKPS Kabupaten Malang.

Bundu, Patta, 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains-SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Darmodjo Hendro,1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.

Hamalik Oemar.2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Johnson, Elaine B. 2009. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.

Mulyasa. 2005. Menjadi guru Profesional. Bandung: Rosda Karya.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual, Contextual Teacing end Learning dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Samatowa Usman.2006. Bagaimana Membelajarkan IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas DIKTI Direktorat Ketenagaan.

Sanjaya Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Uzer Usman. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wahidmurni. 2008. Peneltian Tindakan Kelas Dari Teori Menuju Praktik. Malang: UM PRESS.

Article Metrics
Abstract views: 220
PDF downloads: 156
Published
2014-08-30
How to Cite
Helminsyah, & Anwar Husein. (2014). PENGARUH PEMBELAJARAN CTL DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 8 BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa , 1(2), 70-86. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/600
Section
Articles