PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA TEMA MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 30 BANDA ACEH

  • Rida Susanti STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together, Makanan Sehat dan Bergizi

Abstract

Penelitian ini berjudul: Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Tema Makanan Sehat dan Bergizi Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Negeri 30 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada tema makanan sehat dan bergizi di kelas IV SD Negeri 30 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas IV di SDN 30 Banda Aceh Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus III. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,79 (75,79%) dan pada siklus II sebesar 4,64 (92,80%). Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,50 (70%) dan pada siklus II sebesar 4,6 (92%). Hasil belajar pada siklus I, siswa mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 70,5 dan siswa yang tuntas mengikuti proses pembelajaran sebanyak 23 orang siswa (76,67%). Pada Siklus II, nilai rata-rata kelas yang dicapai oleh siswa sebesar 83 yang dituntaskan oleh 29 orang siswa (96,67%).

References

Afriki.2013. Buku Tematik Kurikulum 2013 Tema Makananku Sehat dan Bergizi. Jakarta: Kemendikbud.

Anred. 1977. Efekifitas Pendekatan Pembelajaran Kooperatif NHT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Kendari Pada pokok Bahasan Linear Variabel (PLSV). Kendari:Universitas Haluoleo.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

________________.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Berdiati, Ika. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis PAKEM. Bandung: Kanaya.

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fisher. 2003. Beberapa Teknik, Model dan Strategi dalam Pembelajaran IPA.Jurnal Pendidikan. (Online)

(http://Fisher.blogspot.com). Diakses Pada Tanggal 29 November 2013.

Hamzah. 2010. Perencaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim. 1994. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Ibrahim, M & Nur, M. 2000.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Johar, Rahma. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Mukhlis. 2005. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi,Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur, Asma. 1998. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Probem Posing dengan Pembelajaran Kooperatif NHT pada Siswa Kelas IVSDN 1 Wonosari.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Online). (Diakses tanggal 21 April 2014).

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 1995.Cooperative Learning: Theory Research and Practice. Second edition.Boston: Allyn and Bacon Publisher.

______________. 2004. Cooperative Learning: Theory research and Practice. Second edition.Boston: Allyn and Bacon Publisher.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta:Raja Grafindo Persada

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supardi. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo.

Taniredja, Tukiran. 2010.Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Trianto.2002. Mendesain Model Pembelajaran InovatifProgresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Article Metrics
Abstract views: 188
PDF downloads: 223
Published
2014-08-30
How to Cite
Rida Susanti. (2014). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA TEMA MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 30 BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa , 1(2), 87-117. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/601
Section
Articles