IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPADU DI SEKOLAH DASAR NEGERI LADONG ACEH BESAR

  • Ayu Safitri STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Lina Amelia STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Implementasi, Pembelajaran Terpadu

Abstract

Penelitian ini berjudul implementasi pembelajaran terpadu di Sekolah Dasar Negeri Ladong Aceh Besar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran pembelajaran terpadu di Sekolah Dasar Negeri Ladong Aceh Besar dan bagaimanakah implementasi pembelajaran terpadu di SD Negeri Ladong Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan implementasi pembelajaran terpadu di SD Negeri Ladong Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pengajar yang ada di SD Negeri Ladong Aceh Besar yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif sederhana menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian membuktikan bahwa implementasi pembelajaran terpadu telah berjalan dengan baik. Hasil wawancara dengan Ibu Nurjannah dapat menggambarkan bahwa implementasi pembelajaran terpadu di SD Negeri Ladong Aceh Besar sudah tergolong baik. Hasil survey dari 10 pertanyaan yang diajukan kepada para guru menunjukkan bahwa pembelajaran terpadu telah berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian bahwa sebagian besar atau 83,33% (10 responden) menjawab mengerti langkah-langkah perancangan pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik, 58,33% (7 responden) menjawab mengerti bahwa pembelajaran terpadu perlu dilaksanakan di sekolah, dan 75% (9 responden) menjawab mengerti bahwa pembelajaran pada kelas 1, 2, dan 3 dilaksanakan melalui pendekatan tematik.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta. Jakarta.

................................... 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta. Jakarta.

Depdiknas. 2004. Model Pembelajaran Terpadu. Artikel. Direktorat Tenaga Kependidikan, Ditjen Dikdasmen, Depdiknas.

................., 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Jakarta : Depdiknas.

.................., 2006. Model Tematik Kelas Awal (Baru) SD/MI, Jakarta : Depdiknas.

Lutan, Rusli. 2005. The Victorian Primary School System and Possible Application In The Indonesian Setting. Melbourne: Victoria.

Nasution, S. 2004. Berbabagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Ramli, Amir Tengku, 2005. Pumping Talent. Jakarta : Pustaka Inti.

Saud, Udin. 2005. Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar : Konsep Dasar dan Model-Model Implementasinya. Bandung.

Sudijono, Anas. 2012, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Sungkono. 2012. Pembelajaran Tematik dan Implikasinya di Sekolah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Surachmad, Winarno. 1992. Pengantar Penelitian Ilmiah, Tarsito. Bandung.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Zaini, Hisyam, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CSTD.

Article Metrics
Abstract views: 5196
PDF downloads: 2477
Published
2015-02-28
How to Cite
Ayu Safitri, & Lina Amelia. (2015). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPADU DI SEKOLAH DASAR NEGERI LADONG ACEH BESAR. Jurnal Tunas Bangsa , 2(1), 14-46. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/602
Section
Articles