UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT KALIMAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I ALAFAN KABUPATEN SIMEULUE

  • Isthifa Kemal STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Delimawati STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Peningkatakan Kemampuan, Kalimat, Pelajaran Kooperatif Tipe STAD

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis adalah rendahnya tingkat penguasaan kosa kata sebagai akibat rendahnya minat baca, kurangnya penguasaan keterampilan mikrobahasa, seperti penggunaan tanda bahasa, kaidah-kaidah penulisan, penggunaan kelompok kata, penyusunan klausa dan kalimat dengan struktur yang benar, sampai penyusunan paragraf, kesulitan guru menemukan metode pembelajaran menulis yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa, serta, ketiadaan atau keterbatasan media pembelajaran menulis yang efektif. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengkaji masalah yaitu bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan keterampilan membuat kalimat melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SD Negeri I Alafan Kabupaten Simeulue .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan siswa dalam membuat kalimat melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SD Negeri I Alafan Kabupaten Simeulue. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Penelitian tindakan kelas ini dengan prosedur: 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (acting), 3) observasi (observing), 4) refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 orang, terdiri dari laki-laki 17 siswa dan perempuan 15 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menulis kalimat melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membuat kalimat melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Peningkatan keterampilan membuat kalimat tersebut diketahui dari hasil tes siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata tes membuat kalimat setelah dilakukan tindakan siklus I mencapai 2,68 dengan kategori cukup baik. Pada siklus II, nilai rata-rata tersebut mengalami peningkatan sebesar 28,12% menjadi 4,41 dengan kategori baik.

References

Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Effendi, S. (1995). Panduan Berbahasa Indonesia Dengan Baik dan Benar. Jakarta: Pustaka Jaya.

Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali Pers. Jakarta.

Ibrahim, Muslim. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. UNESA.

Kartono, Kartini. (2007). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Mandar Maju. Jakarta.

Muhammad Nur, 2005, Pembelajaran Kooperatif, Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Lembaga Penjamin Mutu Jawa Timur.

Muhibbin, Syah. (2006). Psikologi Belajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Nasution, S. (2006). Mengajar dengan Sukses. PT. Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Winkel, W.S. (2009). Psikologi Pengajaran. CV. Media Abadi. Jakarta.

Purwanto, M. Ngalim. (2004). Psikologi Pendidikan. CV. Rosda. Jakarta.

Sardiman, A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Winkel, W.S. (2009). Psikologi Pengajaran. CV. Media Abadi. Jakarta.

Article Metrics
Abstract views: 760
PDF downloads: 296
Published
2015-02-28
How to Cite
Isthifa Kemal, & Delimawati. (2015). UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT KALIMAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I ALAFAN KABUPATEN SIMEULUE. Jurnal Tunas Bangsa , 2(1), 47-71. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/603
Section
Articles