KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KRITIS MATEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR

  • Karyono SD Negeri 2 Kebonbatur, Demak, Jawa Tengah
  • Aprian Subhananto STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Kritis Matematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuimanakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik, model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan realistik, atau pembelajaran konvensional?Jenis Penelitian ini adalah penelitian true experimental design dengan sampelpopulasi siswa SD Negeri 2 Kebonbatur tahun ajaran 2013/2014.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 90 siswa dari kelas IV A dan B, dengan rincian 45 siswa pada kelas kontrol, 45 siswa pada kelas eksperimen.Instrumen penelitian ini adalahtes kemampuan pemecahan masalah. Uji coba instrumen tes meliputi Analisis butir tes (reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, uji normalitas, uji homogenitas). Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas variansi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai standar KKM, lebih dari 80% siswa mendapat nilai tes kemampuan pemecahan masalah minimal 66,5, kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.

References

Afrizon, R., Ratnawulan, dan Fauzi, A. 2012. “Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang pada Mata Pelajaran IPA Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction”. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Volume 1 No. 1. Hal. 1-16.

De Graaff, E. dan Kolmos, A. 2003. “Characteristics of Problem Based Learning”. International Journal Engng. Ed. Vol. 19 No. 5 Hal. 657-662.

De Porter dan Hernacki, M. 1999. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Eggen, P. dan Kauchak, D. 2012. Strategie and Models for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills. Boston: Pearson Education.

Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. New Jersey: Prentice Hall.

Ennis, R.H. 2000. A Super-Streamlined Conception of Critical Thinking (Online). Tersedia di http://www.criticalthinking. Net/SSConeCTApr3.html. (Diakses 8 Januari 2014).

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Tersedia di http://www.penerapan-pembelajaran-berbasis-masalah-kemampuan-berpikir-kritis-komunikasi-matematis.pdf.(Diakses 8 Januari 2014).

Fischer, A. 2009. CriticalThinking: An Introduction. Cambridge: Cambridge University Press.

Kemdikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: BP SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kemdikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: BP SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Liberna, H. 2013. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel”. Jurnal Formatif. Vol. 2 No. 3. Hal. 190-197.

Newman, M.J. 2005. “Problem Based Learning: An Intorduction and Overview of the Key Features of the Approach”. Journal of Veterinary. Vol. 32 No. 1. Hal. 12-20.

Nurhadi dan Senduk, G. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Puskur. 2010. Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional.

Salam, A., at al. 2009. “Challenges of Problem Based Learning”. South East Asian Journal of Medical Education. Vol. 3 No. 2. Hal. 54-60.

Setyorini, U., Sukiswo, S.E., Subali, B. 2011. “Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 1 No. 1 Hal. 1-15.

Sudiarto, P. 2009. Pengembangan Pembelajaran Berpendekatan Tematik Berorientasi Pemecahan Masalah Matematika Terbuka untuk Mengembangkan Kompetensi Berpikir Divergen, Kritis, dan Kreatif. Tersedia dihttp://goeroendeso.files.wordpress.com. (Diakses 30 Desember 2013).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarmo. 2012. Otak dan Beberapa Fungsinya. Jakarta: Fakultas Kedokteran UI.

Article Metrics
Abstract views: 132
PDF downloads: 182
Published
2015-02-28
How to Cite
Karyono, & Aprian Subhananto. (2015). KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KRITIS MATEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Bangsa , 2(1), 72-84. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/604
Section
Articles