MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING DAN LEARNING MATERI BAGIAN DAUN DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIMPANG TIGA MEUREUDU

  • Aulia Afridzal STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Agus Mulyani STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam, Pendekatan Kontekstual Teaching dan Learning

Abstract

Studi tentang peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA melalui Pendekatan kontekstual ini, ingin membawa siswa dalam pembelajaran yang nyata sesuai dengan karakteristik siswa dan karakteristik daerah sehingga pembelajaran lebih bermakna bagi siswa itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. PTK ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Prosedur pelaksanaannya mengacu model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggrt dimana pada satu siklusnya terdiri atas empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan subjek penelitian siswa siswi kelas IV SD Negeri Simpang Tiga Meureudu Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini diawali dengan kegiatan observasi dengan guru kelas IV dilanjutkan dengan diadakan kalaborasi antara pengamat dan peneliti dalam penyusunan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan. Observasi dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil akhir penelitian ini adalah peristiwa belajar sebagai suatu proses interaktif yang mununjukkan proses pembelajaran siswa dengan pendekatan kontekstual dengan inkuiri alearning dapat.meningkatkan interaksi dan komonikasi antara guru dan siswa, Siwalebih kreatif memamfaatkan sumber belajar dalam konteksnya. Hasil pembelajaran siswa yang dilaksanakan dua siklus terdiri 27 siswa dianggap sudah menguasai kompetensi dasar pembelajaran IPA karena telah memperoleh nilai diatas 65, secara presentase terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari 33% menjadi 89%. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan mendapatkan perubahan cara belajarpada siswa dengan memamfaatkan lingkungan nyata sebagai sumber belajar nya.karena dengan membawa siswa dalam dunia nyata pembelajaran lebih bermakna, sesuai dengan prinsip Contextual Teaching Learning(CTL).Sedangkan mamfaat yang di peroleh dari Penelitian tindakan Kelas ini adalah menambah kontribusi ilmiah dibidang ilmu pendidikan, khususya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca. Metode yang penulis gunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah pendekatan kontetekstual Teaching dan Learning. Akhirnya penulis mendapat kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan belajar siswa dalam proses belajar mata pelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual dapat memberi makna bagi siswa dalam kehidupannya.

References

Arikunto Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Iskandar, Srini. M. 2001. Pendidikan Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Kurikulum 2004. Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. 2003. Jakarta: School Development Project)

Mulyani, Sumantri, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas

Muslich, Mansur. 2007. Berbasis Kompetensi dan Contekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Suparno, Paul. 2000. Filsafat Konstruktifisme Dalam Pendidikan. Kanisius Yokyakarta. KTSP Pembelajaran

Sagala Saiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sutanto et.al. 2004. Sains: Klaten: Sahabat

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Tiori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Article Metrics
Abstract views: 284
PDF downloads: 289
Published
2015-02-28
How to Cite
Aulia Afridzal, & Agus Mulyani. (2015). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING DAN LEARNING MATERI BAGIAN DAUN DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIMPANG TIGA MEUREUDU. Jurnal Tunas Bangsa , 2(1), 85-103. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/606
Section
Articles