UPAYA-UPAYA YANG DI LAKUKAN GURU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS DI MIN BUENGCALA KUTA BARO ACEH BESAR

  • Nurjannah STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Upaya, Hasil Belajar, Pembelajaran Sains

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Upaya-upaya yang di lakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Sains di MIN Buengcala Kuta Baro Aceh Besar”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sains di MIN Buengcala Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sains di MIN Buengcala Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data observasi, wawancara dan telah dokumentasi. populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V dan kelas VI pada MIN Buengcala yang berjumlah 231 orang dengan sampel penelitian berjumlah 118 orang. hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diterapkan guru untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran sains. hasil penelitian Kurikulum merupakan salah satu komponen pendidikan yang memegang peranan penting dalam menentukan ke arah mana sasaran dan tujuan peserta didik akan dibawa serta kemampuan minimal dan keahlian apa yang harus dimiliki oleh peserta didik setelah selesai mengikuti program pendidikan. Atas dasar itu, maka Perubahan yang menuntut adanya penyesuaian-penyesuaian tertentu dalam bidang pendidikan merupakan suatu hal yang harus dilakukan, sebagai upaya memperbaiki dan mengembangkan kualitas pendidikan, menuju terciptanya kehidupan yang cerdas, damai, terbuka, demokratis, dan mampu bersaing, baik tingkal nasional maupun internasional. Dalam konteks pendidikan madrasah, agar lulusannya memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif, maka kurikulum dikembangkan dengan pendekatan berbasis kompetensi.

References

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003

Atwi Suparman, Disain Instruktional. Jakarta : Ditjen Dikti,1997

Alvin Pranoto, Sains dan Teknologi,Jakarta: Gramedia,2009

Dadang Garnida, Pendidikan IPA di SD. Materi Penataran Tertulis Sistem Belajar Mandiri , Bandung : P3GT, 2003

Depdiknas. Standar Isi IPA SD /MI,. ( Jakarta : BSNP,2006), hal 5

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional ,Cet. VII; Bandung: Rosdakarya, 2008

Hendro Darmojo dan Jenny R. E. Kaligis, Pendidikan IPA, (Jakarta: Depdiknas,19

Masnur Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Jakarta: Bumi Aksara, 2007

M.Ali. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Algesindo,2000

Nasution, Metode Research, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

Noehi Nasution, Psikologi Pendidikan. Jakarta : Ditjen Dikti,1999

Paul Suparno, Filsafat Kontruktivisme dalam Pendidikan, Yokyakarta: Cempaka Deresan, 2005

Ratna Wilis Dahar, Teori-teori Belajar, Jakarta: Erlangga, 1999

Raymon H.Somamora, Buku Ajar dalam Keperawatan, Jakarta : EGC, 2009

Radno Ratsanto, Pengelolaan Kelas Yang Dinamis, Yokyakarta: Kanisius, 2007

Srini M. Iskandar. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung : Maulana, 2001

Sri Esti Wuryani, Spikologi Pendidikan, Jakarta: Grasindo Persada, 2000

Suharsimi Arikunto. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara, 2008

Soetjipto dan Raflis Kosasi. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Sumantoro,dkk, Model Silabus Sekolah Dasa Kelas V, Jakarta: Grasindo, 2009

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya,1991

Tim UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III , Jakarta: IMTIMA & Grasindo, 2007

Zukhairini, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Article Metrics
Abstract views: 493
PDF downloads: 1107
Published
2015-02-28
How to Cite
Nurjannah. (2015). UPAYA-UPAYA YANG DI LAKUKAN GURU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS DI MIN BUENGCALA KUTA BARO ACEH BESAR. Jurnal Tunas Bangsa , 2(1), 104-129. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/607
Section
Articles