PENINGKATAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROSES DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I DI SD NEGERI 31 GAMPONG BARO

  • Nika Sari STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Lina Amelia STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Pembelajaran Menulis, Pendekatan Proses, Media Gambar

Abstract

Penelitian peningkatan keefektifan pembelajaran menulis dengan menggunakan pendekatan proses dan media gambar pada siswa kelas 1 dilakukan di SD Negeri 31 Gampong Baro Banda Aceh. Adapun latar belakang penelitian ini berhubungan dengan masalah yang di hadapi guru kelas 1 dalam pembelajaran menulis, banyak siswa yang belum mengerti cara menulis dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan siswa dalam menulis yang di capai setelah menyelesaikan proses pembelajaran. Instrument yang di gunakan adalah observasi setelah melakukan tindakan kelas kepada siswa kelas 1. Data yang di peroleh di analisis dengan menghitung rata-rata nilai hasil pembelajaran menulis dan uji deskriftif persentase terhadap persentase nilai pembelajaran menulis. nilai KKM pembelajaran bahasa Indonesia yang ada di sekolah. Dengan nilai rata-rata pembelajaran menulis siswa kelas 1 pada siklus I adalah 55,2 dalam persentase ( 55,2% ) dan terjadi peningkatan nilai rata-rata pembelajaran menulis pada siklus 11 menjadi 83,09 dalam persentase ( 83,09% ). Sesuai tujuan penelitian terjadi peningkatan keefektifan pembelajaran menulis yang dapat di lihat dari nilai yang mengalami peningkatan dari nilai KKM ( kriteria ketuntasan minimal ) dengan nilai rata - rata 60 dalam persentase ( 60% ) menjadi 83,09 dalam persentase ( 83,09% ). Kesimpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan proses dan media gambar dapat terjadi peningkatan. Peningkatan keefektifan pembelajaran menulis pada siswa kelas 1 sekolah dasar. Saran di perlukan kreatifitas dan nilai estetika yang tinggi untuk menciptakan pembelajaran gambar untuk anak kelas 1 sekolah dasar.

References

Arief, Sidharta. 2006. Media Pembelajaran. Depdiknas Dirjen PMPTK PPPG IPA: Jakarta.

Anas, Sudijono. 2009. Penghantar Statistik Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Abu, Ahmadi dan Joko, Prasetya. 2005.Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia: Bandung.

Azhar, Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. PT. Raya Grafindo Persada: Jakarta.

D, Sudjana S. 2005. Metoda dan Teknik Pembelajaran Pertisifasif. Falah Production: Bandung.

Henry, Guntur. 2004. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung: Bandung.

Hilbrahim. 2009. Membaca dan Menulis. CV. Anak Teladan Al-Hijrah: Jakarta.

Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. PT. Remaja Rosaada Karya: Bandung.

Moh, Nazir. 2003. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Bandung.

Nana, Sudjana. 2004. Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosada Karya: Bandung.

Oemar, Hamalik. 1980. Media Pendidikan. Trasito: Bandung.

Suracmad, Winarno. 1984. Penghantar Interaksi Belajar Mengajar Dasar Teknik dan Metodologi Pengajaran. Tarsito: Bandung.

Seels, BB dan Richey, R.C. 1994. Instructional Technology: the Definition and Domain of the Field Washington, DC: Association for Educational Communication and Technology (AECT).

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuanlitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta, CV: Bandung.

Team Akbar Media. 2003. Kamus Lengkap Praktis Bahasa Indonesia. Akbar Media: Surabaya.

Article Metrics
Abstract views: 8
PDF downloads: 8
Published
2015-08-30
How to Cite
Nika Sari, & Lina Amelia. (2015). PENINGKATAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROSES DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I DI SD NEGERI 31 GAMPONG BARO. Jurnal Tunas Bangsa , 2(2), 1-13. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/608
Section
Articles