PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA SISWA KELAS V SD NEGERI 16 TANAH JAMBO AYE ACEH UTARA

  • Zaki Al Fuad STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Musliana STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: CIRC, Membaca, Cerita

Abstract

Penelitian berjudul ”Penerapan Model Cooperative Integrated Reading End Composition untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita Siswa Kelas V SD Negeri 16 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara” diadakan karena permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, di mana masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam keterampilan membaca cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan Kelas V SD Negeri 16 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara dalam Keterampilan Membaca Cerita Siswa dengan Penerapan Model Cooperative Integrated Reading End Composition, tahap pelaksanaan, dan pada tahap evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Penelitian dilakukan terhadap 33 responden yakni murid Siswa Kelas V SD Negeri 16 Tanah Jambo Aye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam kemampuan menulis puisi dengan Penerapan Model Cooperative Integrated Reading End Composition. Dari nilai tes awal diperoleh 27% siswa yang tuntas, siklus I mencapai 51% dan siklus II 81% siswa yang tuntas dalam belajarnya. Selanjutnya ditinjau dari segi proses pada siklus 1 tindakan guru 72,5% meningkat menjadi 86,25% pada siklus 2. Kemudian pada kegiatan siswa hasil observasi siswa pada siklus 1 adalah 68,75% dan mengalami peningkatan yaitu 90% pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Cooperative Integrated Reading End Composition untuk keterampilan membaca cerita dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam kemampuan menulis puisi.

References

Arief, Sidharta. 2006. Media Pembelajaran. Depdiknas Dirjen PMPTK PPPG IPA: Jakarta.

Anas, Sudijono. 2009. Penghantar Statistik Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Abu, Ahmadi dan Joko, Prasetya. 2005.Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia: Bandung.

Azhar, Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. PT. Raya Grafindo Persada: Jakarta.

D, Sudjana S. 2005. Metoda dan Teknik Pembelajaran Pertisifasif. Falah Production: Bandung.

Henry, Guntur. 2004. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung: Bandung.

Hilbrahim. 2009. Membaca dan Menulis. CV. Anak Teladan Al-Hijrah: Jakarta.

Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. PT. Remaja Rosaada Karya: Bandung.

Moh, Nazir. 2003. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Bandung.

Nana, Sudjana. 2004. Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosada Karya: Bandung.

Oemar, Hamalik. 1980. Media Pendidikan. Trasito: Bandung.

Suracmad, Winarno. 1984. Penghantar Interaksi Belajar Mengajar Dasar Teknik dan Metodologi Pengajaran. Tarsito: Bandung.

Seels, BB dan Richey, R.C. 1994. Instructional Technology: the Definition and Domain of the Field Washington, DC: Association for Educational Communication and Technology ( AECT ).

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuanlitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta, CV: Bandung.

Team Akbar Media.2003.Kamus Lengkap Praktis Bahasa Indonesia. Akbar Media: Surabaya.

Article Metrics
Abstract views: 9
PDF downloads: 3
Published
2015-08-30
How to Cite
Zaki Al Fuad, & Musliana. (2015). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA SISWA KELAS V SD NEGERI 16 TANAH JAMBO AYE ACEH UTARA. Jurnal Tunas Bangsa , 2(2), 14-31. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/609
Section
Articles