PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

  • Musbir STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Osita Sari STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran keanekaragaman suku bangsa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Susoh Aceh Barat Daya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran keanekaragaman suku bangsa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Susoh Aceh Barat Daya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 3 Susoh Aceh Barat Daya yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t. Dari hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 8,50, jika berpedoman pada tabel distribusi t dengan taraf signifikan 0,05 dengan dk = (n-1) diperoleh ttabel = 1,74 atau dengan kata lain thitung lebih besar dari pada ttabel. Jadi berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa menolak hipotesis alternatif (H1) dan menerima hipotesis nol (H0). Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran keanekaragaman suku bangsa tidak dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Susoh Aceh Barat Daya

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual. Malang : Universitas Negeri Malang

Rusdy. 2003. Model Pembelajaran Alternatif. Jakarta : Pustaka Setia

Sanjaya. Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana

Sumiati. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: Kencana

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

Vira, 2011. Komponen Indikator Hasil Belajar (online). http://blogsayasaja.wordpress.com. Diakses 14/10/2014

Article Metrics
Abstract views: 68
PDF downloads: 69
Published
2015-08-30
How to Cite
Musbir, & Osita Sari. (2015). PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA. Jurnal Tunas Bangsa , 2(2), 32-40. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/610
Section
Articles