ANALISIS IMPLEMENTASI PENANAMAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 DI KELAS IV SDN 065015 KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran factual mengenai : Implementasi penanaman Karakter Dalam Kurikulum 2013 Di Kelas IV SDN 065015 Kecamatan Medan Tuntungan Kota Medan tahun ajaran 2014/2015; Mengintegrasikan penanaman karakter dalam proses pembelajaran dikelas; menerapkan budaya sekolah dalam kegiatan atau kehidupan keseharian pada siswa kelas kelas IV; dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan nilai-nilai karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari, wawancara, observasi dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Implemntasi penanaman karakter di SDN 065015 menunjukkan ,proses pembelajaran guru menanamkan sikap religius, sopan, dan berfikir logis, jujur, disiplin dan lain sebagainya. 2), Implementasi penanaman Karakter di SDN 065015 menunjukan bahwa : kegiatan keseharian disekolah guru menanamkan bentuk budaya-budaya salaman, bentuk perilaku dan symbol-simbol yang terkait penanaman karakter;3) Implementasi penanaman Karakter di SDN 065015 menunjukan bahwa pada kegiatan ekstrakurikuler nilai-nilai yang diterapkan adalah disiplin, bersahabat, kerjasama, tanggung jawab, menumbuhkan sikap percaya diri, menumbuhkan sikap pantang menyerah dan tidak putus asa
References
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Lickona, T. 1992. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, New York: Simon & Schuster, Inc.
_______________, Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 1991.
Zainal dan Sujak. 2011. Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.
_______________2011. Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter : Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta : Bumi Aksara.
_______.2011. Pendidikan Karakter : Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta : Bumi Aksara
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Pengembangan Kurikulum (Teori dan Praktek). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shepherd, Gene D and Ragan, William B. 1982. Modern Elementary Curriculum. Canada : CBS College Publishing.
Hamalik, Oemar. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kemdiknas. 2010. Buku Induk Pembangunan Karakter. Jakarta.
Kementrian Pendidikan Nasional , Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan perbukuan, 2011), hlm.
Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara
PDF downloads: 216