PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 18 PUNGE BLANG CUT BANDA ACEH

  • Refona Mitaria STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Aprian Subhananto STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Model Kooperatif, Model Tipe TPS, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Persegi Panjang pada Siswa Kelas V SD Negeri 18 Punge Blang Cut Banda Aceh. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar Matematika materi bangun datar persegi panjang pada siswa kelas V dengan penerapan model pembelajaran kooperatif think-pair-share di SD Negeri 18 Punge Blang Cut Banda Aceh. Tujuan penelitian dalam skripsi ini Untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Bangun Datar Persegi Panjang pada siswa kelas V dengan penerapan model pembelajaran kooperatif think-pair-share di SD Negeri 18 Punge Blang Cut Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu test dan observasi. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 18 Punge Blang Cut Banda Aceh. Hasil yang di diperoleh dari penelitian ini yaitu kemampuan siswa kelas V SD Negeri 18 Punge Blang Cut Banda Aceh dalam memahami pembelajaran matematika materi bangun datar persegi panjang dengan menggunakan metode kooperatif think-pair-share mengalami peningkatan. Selama pembelajaran berlangsung adanya interaksi yang baik antara siswa dengan penulis sebagai obsever, sehingga terciptanya suasana belajar yang menyenangkan. Nilai yang diperoleh siswa dalam proses belajar pada saat pre test dan post test dalam siklus I mengalami perubahan yang signifikan. Pada siklus I nilai persentase siswa dalam pre test yaitu 45,62% sedangkan pada saat post test mendapatkan persentase 58,75 %.

References

Arends, R.I. 1997, Classroom Instruction: and Management, New York: Mac Graw Hill Companies, Inc.

Cooper, J.L. Robinson, P.& Miyazoki, Y. 1999. Promoting core skills through cooperative learning. Dunne, A. The learning society. London: Kogan Page Limited.

Davidson, N. & Kroll, D.l., 1991. An Overview of Research on Cooperative Learning Related to Mathematics. Journal for Research in Mathematics Education.

Heruman, Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (Bandung : Rosda Karya, 2007).

Heinich, R. Molenda, M. Russell, J.D & Smaldino, S.E. 2001. Instructional media and technology for learning.New Jersey : Prantice Hall, Inc.

Jonson, D,W. & Johson, R.1991, Learning Together and Alone., Cooperative, and Individualistic Learning,. Boston: Allyn and Bacon.

Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Muhibbin Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung:PT Remaja Rosda karya.

Mulyani Sumantri. 1998. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta : Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Mulyasa, E. 2009. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Moh. Nasir. 2003. Metode Penelitian, Bandung: Ghalia Indonesia.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UM Press.

Oemar Hamalik. 1980. Media pendidikan. Bandung: Trasito.

Slavin. R.E. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practtice. Boston Allyn and Bacon.

Sa’dijah, Cholis. 2006. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share TPS. Malang: Lembaga Penelitian UM

Saiful Bahri Djamarah. 1994 Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Sholmon, Sharan. 2009. Handbook of Coopertive Learning. Yogyakarta: Imperium.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Article Metrics
Abstract views: 263
PDF downloads: 206
Published
2015-08-30
How to Cite
Refona Mitaria, & Aprian Subhananto. (2015). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 18 PUNGE BLANG CUT BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa , 2(2), 99-118. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/615
Section
Articles