PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TEKNIK POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA PADA PESERTA DIDIK KELAS VI C SD NEGERI BATURSARI 7 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

  • Mutma’innah SD N Batursari 7
Keywords: Problem Based Learning, teknik Polya, kemampuan pemecahan masalah, dan karakter mandiri

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran dan seberapa besar peningkatan kemampuan pemecahan masalah perbandingan dan skala pada peserta didik kelas VI C SD Negeri Batursari 7 setelah diajar menggunakan Problem Based Learning teknik Polya. PTK ini dilaksanakan dua siklus. Proses pembelajaran menggunakan Problem Based Learning teknik Polya berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran, terbukti adanya peningkatan kegiatan guru dari 4,14 menjadi 4,77; peningkatan kegiatan peserta didik dari 4,24 menjadi 4,51. Pembelajaran Problem Based Learning teknik Polya juga meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dari skor rata-rata 1,48 menjadi 1,70.

References

De Graaff, E. dan Kolmos, A. 2003. Characteristics of Problem Based Learning. International Journal Enggg. Ed. Volume 19 No. 5 pp. 657-662.

Kemdikbud. 2014. Buku Panduan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Lickona, Thomas. 2013. Pembentukan Karakter untuk Meningkatkan Moral Anak. Bandung: Media Pelajar.

Permendiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Puskur. 2010. Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur Balitbang Kementrian Pendidikan Nasional.

Salam, A., et al. 2009. Challenges of Problem Based Learning. South East Asian Journal of Medical Education. Volume 3 No. 2. Hal. 54-60.

Samani, Muchlas. dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyorini, U., Sukiswo, S.E., Subali, B. 2011. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 1 No. 1 Hal. 1 – 15.

Suherman, Erman., et.al. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zevenberger, Robyn., Dole, Shelley., dan Wright, Robert J. 2004. Teaching Mathematics in Primary Schools. Sydney: Allen and Unwin.

Article Metrics
Abstract views: 147
PDF downloads: 251
Published
2016-02-29
How to Cite
Mutma’innah. (2016). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TEKNIK POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA PADA PESERTA DIDIK KELAS VI C SD NEGERI BATURSARI 7 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Jurnal Tunas Bangsa , 3(1), 12-27. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/617
Section
Articles