PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DENGAN TEKNIK ICARE BERBANTUAN MEDIA “SMP” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEBONBATUR 2 DEMAK

  • Sri Lestari SD N Kebonbatur 2 Demak
Keywords: Teknik ICARE, media “SMP”, kemampuan berhitung, aktivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran peningkatan kemampuan berhitung dan aktivitas siswa pada penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan teknik ICARE berbantuan media “SMP” pada siswa kelas IV A SD Negeri Kebonbatur 2, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan teknik ICARE berbantuan media “SMP” dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa, yaitu adanya peningkatan dari rata-rata 48,67 pada prasiklus menjadi 65,34 pada siklus 1 dan 74,25 pada siklus 2. Dari segi keaktifan juga mengalami peningkatan dari 44,44% pada prasiklus menjadi 65,78% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 82,22% pada siklus 2.

References

Anitah, S. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

DBE3. 2006. Mengintegrasikan Pendidikan Kecakapan Hidup dalam Standar Nasional Pendidikan Matematika. Jakarta: USAID DBE3.

Fauzil, M.A. 2007. Membuat Anak Gila Membaca. Bandung: Mizania.

Lindawati, L. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Perubahan Fisika-Kimia Menggunakan Snowball Modifikasi Jet Plane Throwing Berbantuan Media Bohlam Tetes pada Peserta Didik Kelas VII Al Mulk SMP Al Irsyad Purwokerto Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014. Metodika Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 4 Nomor 13. Hal. 71-82.

Marisa. 2014. Konsep Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nyimas, A. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional.

Olivia, F. 2011. Teknik Ujian Efektif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Pidarta, I.M. 2007. Landasan Pendidikan. Bandung: Citra Adi Karya.

Prihandoko, A.C. 2006. Memahami Konsep Matematika secara Benar dan Menyajikannya dengan Menarik, Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, N. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sulastri, Suwarsono, dan Kartikabudi. 2009. Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Media “Red And White Stick”Pada Siswa Kelas IV SD Nasima Semarang Tahun Pelajaran 2008-2009. Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sullivan, P., Tobias, S., and Donough, A. 2006. Perhaps the Decision of Some Students not to Engage in Learning Mathematics in School is Deliberate. Journal of Educational Studies in Mathematics. Volume 62. Hal. 81 – 99.

Suparno, P. 2010. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Thornbury, S. 2002. How to Teach Speaking. Cina: Longman.

Wiji, 2014. Peningkatan Kompetensi Berhitung Akar Pangkat Tiga Melalui Model Pembelajaran IPOK Berbasis Kabisat Kelas VI SD Negeri Gulangpongge 01 Gunungwungkal Pati Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Metodika Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 4 Nomor 13 Hal. 147 – 156.

Article Metrics
Abstract views: 160
PDF downloads: 464
Published
2016-02-29
How to Cite
Sri Lestari. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DENGAN TEKNIK ICARE BERBANTUAN MEDIA “SMP” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEBONBATUR 2 DEMAK. Jurnal Tunas Bangsa , 3(1), 28-42. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/618
Section
Articles