MENGANALISIS KEAKTIFAN BERTANYA SISWA MELALUI METODE SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MATERI KENAMPAKAN ALAM WILAYAH INDONESIA DI SDN 3 KETOL KEC. KETOL KABUPATEN ACEH TENGAH

  • Gio Mohamad Johan STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Yeni Agustiani STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Keaktifan Bertanya, Metode Snowball Throwing, Kenampakan Alam.

Abstract

Siswa kurang mempunyai kemampuan dalam bertanya, salah satu materi yaitu kenampakan alam. Mereka cenderung menghafal materi tersebut, sebenarnya yang diharapkan bukan hanya menghafal materi tetapi juga pemahaman konsep melalui bertanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana keaktifan bertanya siswa melalui metode snowball throwing dalam pembelajaran IPS kelas V materi kenampakan alam wilayah Indonesia di SDN 3 Ketol Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah. Tujuan penelitian mengetahui keaktifan siswa bertanya melalui metode snowball throwing pada materi kenampakan alam wiayah Indonesia di SDN 3 Ketol Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah. Jenis penelitian digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 3 Ketol Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah berjumlah 24 orang. Sebelum penelitian terdapat nilai pra siklus siswa dibawah KKM mencapai 85%. Kemudian dilakukan penelitian memperoleh hasil ketuntasan individual pada siklus I berdasarkan KKM yang ditentukan sekolah 65 maka diperoleh 14 siswa (58,33%) yang tuntas dan siklus II diperoleh 22 siswa (91,66) yang tuntas, sehingga penelitian ini sudah mencapai ketuntasan klasikal. Untuk meningkatkan keaktifan bertanya, guru dapat menerapkan metode snowball throwing pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam wilayah Indonesia.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Bermawy. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: CTSD.

Daniel. 2008. Effective Teaching. London: Sage Publication.

Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksata Pada Murid. Jogjakarta: Diva Press.

Hines. 2012. Incorporating Active Learning and Student Inquiry into an Introductory Merchandising Class. Higher Education Studies. Jakarta: Publisher.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismail, Arif. 2008. Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhadi. 2010. Menciptakan pembelajaran IPS Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.

Nurmayanti, Yulis. 2013. Model Pembelajaran Konsep Dasar.

http://yulisnurmayanti.blogspot.com. (diunduh 2 Januari 2016)

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Article Metrics
Abstract views: 117
PDF downloads: 140
Published
2016-08-30
How to Cite
Gio Mohamad Johan, & Yeni Agustiani. (2016). MENGANALISIS KEAKTIFAN BERTANYA SISWA MELALUI METODE SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MATERI KENAMPAKAN ALAM WILAYAH INDONESIA DI SDN 3 KETOL KEC. KETOL KABUPATEN ACEH TENGAH. Jurnal Tunas Bangsa , 3(2), 14-27. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/623
Section
Articles