HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 BANDA ACEH

  • Cut Marlini STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Sariman STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Kemampuan Membaca. Hasil Belajar. Bahasa Indonesia.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia di SD Negeri 19 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 19 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 142 orang dan dengan penarikan sampel yaitu kelas IV dengan jumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasi. Berdasarkan hasil temuan didapati bahwa nilai siwa hasil belajar bahasa Indonesia yaitu 77,05, chi kuadrat hitung = 4,24 < 9,49 = chi kuadrat , maka diterima jadi data tersebut berdistribusi normal untuk taraf 5 % atau 0,05. 0,364 > (0.306) jadi Ho ditolak. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia SD kelas IV Negeri 19 Banda Aceh.

References

Arikunto, Suharsimi. (2005), Manajemen Penelitian. Jakarta: Rinika Cipta.

Depdiknas, (2003). Standar Kompetensi: Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD dan MI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas, (2005). Bahasa dan Sastra Indonesia: Metode Pembelajaran Bahasa

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Devina Aria Sari (2007) Peningkatan Prestasi Belajar membaca Dengan Model Pembelajaran Asistensi Pada Siswa Kelas VII E Sekolah Menengah Pertama 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar.

Gagne, Robert M. 1994. The Conditions Of Learning. New York : Holt, Rinchart and Winston

Harrras, Drs.Kholid A. dkk. 1997. Membaca I. Jakarta : Universitas Terbuka. Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kamus besar bahasa Indonesia (1991) pengertian pendidikan.

Mulyadi. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Tahun Pelajaran 2009/2010.

Presetyo Anggra P. Hubungan Antara Keterampilan Musik Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD tahun ajaran 2007/2008.

Setiawan Eka. Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Melalui Teknik Membaca Scanning ( Membaca Memindai) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pekutatan Jembrana Tahun Pelajaran 2013/2014.

Slameto, (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka cipta.

Sudjana, Nana. 2010. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rusdakarya.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumardi, (2001). Peningkatan Mutu Pendidkan Lewat Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: BPK Penabur.

Tarigan. dkk. (1985). Membaca dalam Kehidupan. Bandung : Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (2001). Membaca: Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

UUSPN No. 20 tahun 2003 Tentang Pendidikan.

Wahyono, H. (2007). Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP.

Article Metrics
Abstract views: 287
PDF downloads: 597
Published
2016-08-30
How to Cite
Cut Marlini, & Sariman. (2016). HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa , 3(2), 28-41. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/624
Section
Articles