PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS IV SD NEGERI 70 BANDA ACEH

  • Isthifa Kemal STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Siti Nurbaya STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Menulis, Think Pair Share, Pantun

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 70 Banda Aceh, khususnya pada materi menulis belum mencapai indikator ketuntasan, hal ini disebabkan oleh berbagai hal baik dari diri siswa maupun dari luar siswa yang salah satunya adalah model pembelajaran yang kurang sesuai sehingga tidak termotivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi Pantun di kelas IV SD Negeri 70 Banda Aceh. Rancangan pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa, dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sehingga penelitian ini termasuk dalam penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan model think pair share. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan perhitungan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pengaruh hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pelajaran Bahasa Indonesia materi Pantun yang dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada tes awal sebanyak 42,17 meningkat menjadi 76,17 atau naik 34. Pengaruh hasil belajar tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yaitu pada taraf signifikan 5% dengan N=36-1=35. Diperoleh dari daftar distribusi t didapat 1,68. Berarti thitung ≥ ttabel (35), yaitu 31,54 ≥ 1,68 yang berarti Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 70 Banda Aceh.

References

Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

________________. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Pedoman Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning). Jakarta: Depdiknas.

_________. 2005. Bahan Ajar Sastra Rakyat. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2006. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Johar, Rahmah dkk, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Unsyiah Pers.

Kunandar, 2006. Guru Profesional, Edisi Revisi, Jakarta: Rajawali.

Latipun. 2008. Psikologi Konseling Edisi Ketiga. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Grasindo.

M, Nasir. 2000. Metode Penelitian. Jakarta: Galia Indonesia.

Markaban. 2005. Model-model dalam Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Meisuri. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nasution S., 2004. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, M Ngalim. 2007. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohani. 2007. Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sabri, S.M. 2005. Model Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Soekanto, 2002. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudjana. 2001. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_______. 2002. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Surakhmad, Winarno. 2005. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Zaidan, Abdul Rozak dan Anita K. Puspita. 2006. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.

Article Metrics
Abstract views: 556
PDF downloads: 349
Published
2017-02-28
How to Cite
Isthifa Kemal, & Siti Nurbaya. (2017). PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS IV SD NEGERI 70 BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa , 4(1), 14-29. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/628
Section
Articles