KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Purwani Puji Utami STKIP Kusuma Negara
Keywords: Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Penelitian Eksperimen ini termasuk ke dalam penelitian true experiment dengan sampelnya dipilih secara random. Yang menjadi Sampel penelitian ini adalah murid kelas Empat Sekolah Dasar Negeri Muarasari 2 yang terdiri dari siswa kelas IV-A untuk kelas eksperimen jumlah muridnya 20 dan IV-B untuk kelas kontrol jumlah muridnya 20 peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di Semester dua tahun ajaran 2015-2016. Berdasarkan uji t Test diperoleh nilai t hitung sebesar 1,8610 dan t tabel sebesar 1,6859. Karena t tabel < t hitung > t tabel atau 1,6859 < 1,8610 > 1,6859 maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan Pendekatan Pembelajaran ditinjau dari hasil belajar di kelas IV Sekolah Dasar.

References

Anitah sri, dkk, 2014 Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang: Universitas Terbuka.

Asvia Azmi. 2012. “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang”. Universitas Negeri semarang.

Nilai ulangan kelas 4 SDN Muarasari 2 Bogor tahun ajaran 2015/2016.

Erlitasari Erni. 2014. “Pengaruh Cara Belajar Matematika Real terhadap Perolehan Angka Matematika siswa Kelas 4 SDNegeri Cilangkap 4 depok Tahun ajaran 2014/2015”. Universitas Djuanda bogor.

Hatta. 2011.Varians. https://hatta2stat.wordpress.com/2011/05/19/varians/

Herhyanto. N, dkk, 2014. Statistika Pendidikan. Tangerang: Universitas Terbuka.

Karso, dkk, 2014. Pendidikan Matematika I. Tangerang: Universitas Terbuka.

Kosasih. E, 2013. Strategi Belajar dan Pembelajaran Kurtilas. Bandung: Yrama widya.

Muhsetyo Gatot. 2015. Pembelajaran Matematika SD. Tangerang: Universitas terbuka.

Mustaqim, B, Astuty, A. 2008 “Ayo Belajar Matematika Jilid IV”. Jakarta: BSE.

Nasution, K. 2016 “Penerapan MetodeBelajar dalam Pandangan Saintifik”. http://sumut.kemenag.go.id/ 27/12/2013.

Permendiknas nomor 81 A tahun 2013.

Permendiknas nomor 14 tahun 2007.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Taufik. A, dkk, 2014. Pendidikan Anak di SD. Tangerang: Universitas Terbuka.

Urohmah, dkk. 2015. “Penerapan saintifik Menggunakan Benda Nyata”. UNS.

Wahyudin Dinn,dkk.,2013. Pengantar Pendidikan. Tangerang: Universitas Terbuka.

Syaiful Sagala,2015. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

W. Gulo, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Nana Sudjana,1991. Penilaian Hasil Proses BelajarMengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dimiyati dan Mudjiono, 2006.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyono Abdurrohman, 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono, 2007.Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Conny R. Semiawan,1999.Perkembangan dan belajar peserta didik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sunaryo Kartadinata,1998.Bimbingan di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikti.

Syaiful Bahri Djamarah, 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Article Metrics
Abstract views: 169
PDF downloads: 267
Published
2017-02-28
How to Cite
Purwani Puji Utami. (2017). KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Bangsa , 4(1), 41-56. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/630
Section
Articles