IDENTIFIKASI KEDWIBAHASAAN SISWA: IMPLEMENTASI STUDI KEBAHASAAN DI SEKOLAH DASAR

  • Gio Mohamad Johan STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Bahasa, Kedwibahasaan, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Studi penelitian ini berupaya mengungkap fenomena kedwibahasaan yang terjadi pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 1 Galagamba Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik analisis data kualitatif. Tidak dapat disangkal bahwa siswa sekolah dasar merupakan dwibahasawan, bahkan ada yang multibahasawan. Hal tersebut sebenarnya bukan hal baru bagi para pemerhati maupun pakar bahasa. Fenomena kedwibahasaan sudah lama ada dan disadari dalam dunia pendidikan, khususnya di sekolah dasar. Tidak dapat dibantah pula bahwa sistem persekolahan merupakan sarana pengembangan bahasa siswa yang efektif. Sekolah merupakan tempat yang ideal dalam proses pengembangan bahasa. Kendati demikian, secara kuantitatif dan kualitatif fenomena kedwibahasaan lebih sering terjadi di rumah dibandingan dengan di sekolah.

References

Alwasilah, A. C. (1985). Beberapa Madhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa. Chaer, A. dan

Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik Perkenal Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartati, T. (2010). “Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Kedua”. Makalah pada Seminar Antarbangsa (Internasional) Pendidikan Bahasa Melayu Serantau, Beijing.

Hastuti, S. (2003). Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Mekarsari, D. O. (2011). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Laporan Hasil Wawancara Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 3 Sidoarjo. (Skripsi tidak diterbitkan). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Pranowo. (2014). Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Rodriguez, M. V. (2015). Families and Educators Supporting Bilingualism in Early Childhood. School Community Journal. 25(2). 177-194. Retrieved from http://www.eric.ed.gov/

Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suwito. (1983). Pengantar Awal Sosiolinguistik: Teori dan Problema. Surakarta: Henary Offset.

Syafyahya, L. dan Aslinda. (2007). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.

Weinreich, U. (1970). Languages in Contact. Findings and Problems. Cetakan ke-7. Paris: Mouton.

Article Metrics
Abstract views: 724
PDF downloads: 1065
Published
2017-02-28
How to Cite
Gio Mohamad Johan. (2017). IDENTIFIKASI KEDWIBAHASAAN SISWA: IMPLEMENTASI STUDI KEBAHASAAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Bangsa , 4(1), 57-65. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/631
Section
Articles