KETERKAITAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MONTESSORI UNTUK MENCAPAI KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR PADA KURIKULUM 2013
Abstract
Kajian konseptual ini bersifat studi kepustakaan. Pada artikel ini memiliki beragam konsep yang saling terkait dan dibahas untuk mendapat suatu gagasan tentang keterkaitan penerapan metode pembelajaran Montessori untuk mencapai kompetensi dasar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar pada Kurikulum 2013. Salah satu mata pelajaran dalam kurikulum 2013 adalah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar dalam Kurikulum 2013 meliputi pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai kejujuran, kerja keras; sosial, budaya, kebangsaan, cinta damai dan kemanusiaan serta kepribadian yang didasarkan pada nilai-nilai tersebut dan sikap. Dalam kurikulum 2013, mata pelajaran IPS Sekolah Dasar memiliki Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh siswa. Berdasarkan hal tersebut, metode pembelajaran Montessori cocok diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Metode pembelajaran Montessori sendiri merupakan metode pembelajaran yang menekankan kedisiplinan yang memerdekakan dimana anak belajar dengan bebas memilih apa yang sesuai dengan kemampuan mereka, semua kegiatan harus berguna dan diamati oleh direktris.
References
Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan, R. (2011). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfa Beta.
Gutek, G.L. (2013). Metode Montessori: Panduan Wajib Untuk Guru Dan Orangtua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). (A.L Lazuardi, Penerj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasan, S. H. (2013). Nasib Pendidikan IPS di Kurikulum 2013. [Online]. Tersedia: http://www.uny.ac.id/berita/nasib-pendidikan-ips-di-kurikulum-2013.html [18-12-2015]
Lillard, Paula Polk & Jessen, Lynn Lillard. (2003). Montessori from the Start: The Child at Home, from Birth to Age Three. New York: Schocken Books.
__________. (1997). Montessori In The Classroom : A teacher's account of flow. New York: Shocken Books.
Magini, Agustina Prasetyo. (2013). Sejarah Pendekatan Montessori. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Montessori, (Dariyanto,pnjmh). (2008). The absorbent mind.New York, henny holt and Company
Montessori, M. (2002). The Montessori Method. New York: Schocken Books.
Montessori, Maria. (1964). The Montessori Method. New York: Schocken Books.
Montessori. (1949). The absorbent mind. Rev. Ed. Trans. Claude A. Claremont India: Kalakshetra.
Montessori. (1965). DR. Montessori’s own handbook. New York: Shocken Books.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2008). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
PDF downloads: 2037