RESPONS MAHASISWA TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER SETELAH MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA SD

  • Ferry Aristya STKIP PGRI Pacitan
  • Ayatullah Muhammadin Al Fath STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Students Response, Character, Learning Elementary School Mathematics

Abstract

The purpose of this study is to describe the students response to the development of values after implementing mathematics learning. Informant from this research is student of second semester class A study program of elementary school teacher education STKIP PGRI Pacitan, data collected by using interview and questionnaire as poko method of observation and documentation as auxiliary method, this research use qualitatif descriptif method. The validity of data is done by trianggulation technique and trianggulation method. Data analysis qualitatively through 3 path is data reduction, data presentatif, and conclusion. The result of student research on the development of math learning characteristic values is 1) implementation value in math learning involves greeting and praying before and after learning, encouraging student to develop honest religious attitudes, tolerance, disciplin, hard work, creative democracy, curiosity in learning, and exemplary, 2) the need to develop indigo characters can show the superiority of students us a thinker who has a superior intellectual response to make students after following basic mathematics learning more about the values of personality in each.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan respons mahasiswa terhadap pengembangan nilai-nilai karakter setelah mengimplementasikan pembelajaran matematika. Informan dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 kelas A Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Pacitan. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, dan angket sebagai metode pokok, observasi dan dokumentasi sebagai metode bantu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi metode.Analisis data secara kualitatif melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan respons mahasiswa terhadap pengembangan nilai-nilai karakter setelah mengimplementasikan pembelajaran matematikaadalah, (1) Proses implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika meliputi mengucapkan salam dan doa sebelum dan sesudah pembelajaran, memberi semangat kepada mahasiswa, mengembangkan sikap religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu dalam pembelajaran, dan keteladanan, (2) Perlunya mengembangkan nilai karakter dalam pembelajaran dikarenakan nilai-nilai karakter tersebut dapat menunjukan keunggulan mahasiswa sebagai seorang pemikir yang memiliki intelektual yang unggul, (3) Respons mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dasar membuat mahasiswa lebih mengerti tentang nilai kepribadian dalam diri masing-masing.

Kata Kunci: Respons Mahasiswa, Karakter, Pembelajaran Matematika SD

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. "UU. No. 20. Tahun 2003 ."(Tentang Sistem Pendidikan Nasional) Jakarta: Depdiknas.

Rahmat, P.S. 2009."Penelitian Kualitatif” (jurnal, equilibrium vol. 5, No. 9 januari-juni 2009: 1-8). Yogyakarta: Gunadharma.

Suzana, Yenni. 2013. "Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Dalam Pembelajaran Melalui Metode Blended Learning."(Lomba seminar Matematika XIX) Langsa: ISBN.

Winarni, Sri. 2013. "Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Perkuliahan."(Jurnal Pendidikan Karakter Tahun III Nomor 1) Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Article Metrics
Abstract views: 98
PDF downloads: 107
Published
2017-02-28
How to Cite
Ferry Aristya, & Ayatullah Muhammadin Al Fath. (2017). RESPONS MAHASISWA TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER SETELAH MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA SD. Jurnal Tunas Bangsa , 4(2), 143-152. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/637
Section
Articles