PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD 38 BANDA ACEH PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

  • Musdiani STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Peer Tutors, Method of Implementation, The Results of the Study

Abstract

This research aims to know the use of the method of peer tutors in improving the outcomes studied mathematics on materials operation count integer grade IV SD Negeri 38 Banda Aceh. This research using qualitative approaches and types of research is the Research Action class (PTK). Method of data collection conducted using tests and observation. The research results obtained by the conclusion that the teachers have an increased activity of the cycle I get to cycle II, it can be seen from the average score on a cycle I gained of 3.92 and cycle II reached the score average of 4.63. Student's activities has increased from cycle I get to cycle II, it can be seen from the average score on a cycle I gained of 3.3 while on cycle II increased to 4.2. Learning outcomes students also experienced penigkatan. On pre cycle, the average value obtained by students of 63.57 and students who thoroughly follow the learning process as much as 11 students (39.29%) and are not completely by 17 people (60.71%). In cycle I, the average value obtained student of 71.07 and students thoroughly in the learning process as many as 20 students (71.43%) and students who do not complete as many as 8 students (28.57%). In cycle II, the average value of students achieve mastery of 77.14 students in the learning process as many as 26 students (92.6%), whereas students who do not complete as much as 2 students (7.14%).

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SD Negeri 38 Banda Aceh. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa aktifitas guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II, hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,92 dan pada siklus II mencapai skor rata-rata sebesar 4,63. Aktifitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II, hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,3 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 4,2. Hasil belajar siswa juga mengalami penigkatan. Pada pra siklus, nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 63,57 dan siswa yang tuntas mengikuti proses pembelajaran sebanyak 11 siswa (39,29%) dan yang tidak tuntas sebesar 17 orang (60,71%). Pada siklus I nilai rata-rata diperoleh siswa sebesar 71,07 dan siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran sebanyak 20 siswa (71,43%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 8 siswa (28,57%). Pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai sebesar 77,14 siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran sebanyak 26 siswa (92,6%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa (7,14%).

Kata kunci: Penerapan, Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar

References

Ahmadi. 2009. Peikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto,Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Cholik & Sugijono. 2004. Matematika Untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga

Depdiknas. 2006. Standar Isi Kurikulum. Jakarta : Keputusan Materi Pendidikan Nasional.

Gatot Muhsetyo dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Herman Hudoyo. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Bandung: Yrama Widya

Heruman, 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.Bandung: Rosda

Himpunan Peraturan Perundang-undangan. 2006. Undang-undang Repoblik Indonesia No.20 Tahun 2003 Sisdiknas. Bandung Fokus Media.

Ismail. 2003. Media Pembelajaran (Model-model Pembelajaran). Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP.

Igak, Wardhani dan Kuswaya Wihardit. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Miles and Huberman. 1984. Theory of Learning. Jakarta: Grafika Jaya.

Sudirman.A.M. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metode Statistika.Edisi ke-6. Tarsito:Bandung.

Sukono & Simagunsong,Wison. 2007. Matematika untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar, Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Tilasar. 2001. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Tirtaraharja. 2005. Model Pembelajaran. Jakarta: Alpabeta.

Ulih Bukit Karo-Karo. 1998. Metode Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Article Metrics
Abstract views: 71
PDF downloads: 338
Published
2017-08-30
How to Cite
Musdiani. (2017). PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD 38 BANDA ACEH PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT. Jurnal Tunas Bangsa , 4(2), 246-254. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/646
Section
Articles