UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKTAKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEBAGAI MOTIVATOR DI SDN 19 BANDA ACEH

  • Salmiati STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Aulia Afridzal STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Motivators, learning achievements

Abstract

This research focused on assessing student learning achievement. For this purpose the researcher using qualitative descriptive study design, as for the objectives to be implemented in this study i.e. to find out how the efforts of the principal as a motivator to improve learning achievements of students in elementary school state 19 Aceh. To achieve the purpose of the study, the population in this research is the principal, vice principal, and Chairman of the school Committee in elementary school state 19 Banda Aceh. Instrument in this study with obeservasi, a detailed questionnaire and documentation. Data analysis will be done by organizing data obtained through observation, questionnaire, and documentation. The data will be analyzed by presenting the data kuatitatif and qualitative for describing data obtained. The results showed that the learning achievements of students in the primary elementary school state 19 Aceh is already good. It is noticeable that students have an awareness of carrying out the obligations and prohibitions menjahui school. Students also enjoyed doing such good deeds, is honest, can be an example of clever be patient and thankful and can draw on the wisdom of an event. Students have a good sense of humor and was able to enjoy the humor in any situation. The principal approach in private. Individual approach to the problems faced by a student can be dealt with appropriately. Individual approach can also provide a sense of comfort to the learners, so entwined good relationships between teachers and students.

 

Abstrak

Penelitian ini difokuskan untuk menilai prestasi belajar siswa. Untuk tujuan ini peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif, adapun tujuan yang akan dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Negeri 19 Banda Aceh. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah,dan ketua komite sekolah di SD Negeri 19 Banda Aceh. Instrumen dalam penelitian ini yaitu dengan obeservasi, kuisioner dan dokumentasi. Analisis data akan dilakukan dengan mengorganisir data yang diperoleh melalui observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Data akan dianalisis dengan menyajikan data kuatitatif dan kualitatif untuk mendeskripsikan data yang diperoleh. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa di SD Negeri 19 Banda Aceh sudah baik. Hal tersebut terlihat bahwa siswa memiliki kesadaran melaksanakan kewajiban dan menjahui larangan sekolah. Siswa juga senang melakukan perbuatan baik seperti, bersifat jujur, dapat menjadi teladan pandai bersabar dan bersyukur serta dapat mengambil hikmah dari suatu kejadian. Siswa memiliki selera humor yang baik dan mampu menikmati humor dalam berbagai situasi. Kepala sekolah melakukan pendekatan secara pribadi. Dengan pendekatan individu   permasalahan   yang   dihadapi   seorang   siswa   dapat ditangani dengan tepat. Pendekatan secara individu juga dapat memberikan rasa nyaman kepada peserta didik, sehingga terjalin hubungan yang baik antara guru dan siswa.

Kata kunci: motivator, prestasi belajar

References

Arikunto, Suharsimi, dkk., Penelitian Tindakan Kelas, Cet V. Jakarta: Bumi Aksara

-------------, 2006. Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta

------------, 2004. Departemen Agama RI, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Dirjen Binbaga Islam, 2001. Lagulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan, Jakarta : PT. Pustaka Al Husna Baru, 2004

Rakhmat, Jalaludin, Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1999. Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2005

Riyanto, Yatim, Metodologi Penelitian Suatu Tindakan Dasar, cet. 4. Surabaya: Sie Surabaya, 2001.

Rooijakkers, Ad., Mengajar dengan Sukses. Jakarta: PT Gramedia , 2006.

Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

Sisdiknas, Undang-undang Sisdiknas RI No. 20 Tahun 2003, Bandung : Fokus Media, 2003.

Subyantoro, Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV. Widya Karya, 2009.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2007.

Sukmadinata, Nana Saodih, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005

Tulus Tu. U., Peran Disiplin Pada Prilaku Dan Prestasi Siswa, Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia, 2004.

Uno, Hamzah B., Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Usman, Basyiruddin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Walgito, Bimo, Psikologi Sosial, Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2002. Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004. hlm. 131.

Purwanto, M.Ngalim, Prinsip-prinsip Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2009.

Article Metrics
Abstract views: 60
PDF downloads: 1827
Published
2018-02-28
How to Cite
Salmiati, & Aulia Afridzal. (2018). UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKTAKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEBAGAI MOTIVATOR DI SDN 19 BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa , 5(1), 33-43. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/651
Section
Articles