ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAHLUK HIDUP DI KELAS IV SD NEGERI 7 BIES
Abstract
The focus of this research is the analysis of the learning interest of students in the subject matter against living beings class IV SD Negeri 7 Bies. This research aims to find out how the learning interest of students in the class IV SD Negeri 7 Bies on the theme of care with living beings and know what aspects influenced student's learning interest in class IV SD Negeri 7 Bies in the subject matter against sentient alive. The methods used in this research is descriptive analysis approach, then the result of urainnya in the form of a narrative documentation. As for the sample in this study i.e., grade IV SD Negeri 7 Bies, which amounted to 21 students. The results of the research data from observations acquired that interest students in following the learning of students with the 21st tallest Figure 18 students seriously and diligently while 3 students still have less interest to serious and diligent in following the instruction. Interview results can be concluded that teachers ' efforts in fostering students ' interest in learning have been very good despite still using the less good teaching methods as well as the lack of facilities in the schools. Portopolio of the results can prove to bring students have interest in and responsibility for the tasks given by the teacher. The result of the now it can be concluded that the level of interest in student learning is extremely high in the can from 21 students 17 students answered Yes while 3 students answer sometimes and 1 person answered no. Then the conclusions and advice given is the teacher should more add to the knowledge of the associated learning and choosing the right method in SD Negeri 7 Bies so it can generate interest of students in the learning process.
Abstrak
Fokus penelitian ini adalah analisis minat belajar siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV SD Negeri 7 Bies. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa di kelas IV SD Negeri 7 Bies pada tema peduli terhadap mahluk hidup dan mengetahui faktor apa yang melatarbelakangi minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 7 Bies pada tema peduli terhadap mahluk hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deskriptif, maka hasil urainnya dalam bentuk naratif dokumentasi. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu, siswa kelas IV SD Negeri 7 Bies, yang berjumlah 21 orang siswa. Hasil data penelitian dari observasi didapat bahwa minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dari 21 siswa dengan angka tertinggi 18 siswa serius dan tekun sedangkan 3 siswa masih kurang memiliki minat untuk serius dan tekun dalam mengikuti pembelajaran. Hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam menumbuhkan minat siswa dalam belajar sudah sangat baik meskipun masih menggunakan metode pengajaran yang kurang baik serta kurangnya fasilitas di sekolah tersebut. Dari hasil portopolio dapat membuktikan bawa siswa memiliki minat serta tanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh guru. Hasil dari angket dapat disimpulkan bahwa tingkat minat belajar siswa sangatlah tinggi hal tersebut di dapat dari 21 siswa 17 siswa menjawab ya sedangkan 3 siswa menjawab kadang-kadang dan 1 orang menjawab tidak. Maka kesimpulan dan saran yang diberikan adalah guru hendaknya lebih menambah pengetahuan terkait pembelajaran dan memilih metode yang tepat di SD Negeri 7 Bies sehingga dapat membangkitkan minat siswa pada proses belajar tersebut.
Kata kunci: minat belajar siswa, makhluk hidup
References
Agus Zaenul Fitri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasi Nilai dan Etika di Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Arikunto. S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Ryken, Amy. 2009. Living Things: Science Works for Kids Series, [jurnal] Science and Children; Sep 2003; 41, 1; Agricultural & Environmental Science Database. Diakses melaluiproques.com/agrecenvironm/docview/170142406/fulltextPDF/10596AA60672470pq/1? accountid=62647 (di unduh pada tanggal 15 febuari 2017).
Anitah, Sri. dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universita Terbuka
Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran.Jakarta:Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Landman, Maeve. 2006. Getting Quality in Qualitative Research: A Short Introduction to Feminist Methodology and Methods. [jurnal], Faculty of Humanities, Languages and Social Sciences, University of the West of England,
Frenchay Campus, Coldharbour Lane, Bristol BS16 1QY, UK., Proceedings of the Nutrition Society (2006), 65, 429–433, DOI:10.1079/PNS2006518. ( di unduh pada tanggal 15 febuari 2017).
Lestari, Indah. Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar. [jurnal] Formatif Volume 3, Nomor 2, Edisi: 115-125 ISSN: 2088-351X. Universitas Indrapasta PGRI, 2013
Kemendikbud. 2013. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema Peduli Terhadap Mahluk Hidup. Jakarta :Kemendikbud Republik Indonesia
Kemendikbud. 2013. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema Peduli Terhadap Mahluk Hidup. Jakarta :Kemendikbud Republik Indonesia
Moleong Lexy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya
Nana Syaodih, Sukmadinata. 2013. Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Roesdakarya
Nadzir, Mohd. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rohani, Ahmad. 2008. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Sardiman. A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta.
Sriyanti, Lilik. 2009. Psikologi Pendidikan. Salatiga: STAIN-Salatiga Press.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarto, Agung Hartonmo B. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
Supardi US., dkk. Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Pembelajaran. [jurnal] Formatif, Volume 1, Nomor 2,
Edisi 71-81, ISSN: 2088-351X. Universitas Indrapasta PGRI, 2013
Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Taufani. 2008, minat belajar siswa dalam pendidikan, diakses melalui http://Kamriantiramli.Wordpress.com tanggal 12 Februari 2017
Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
W.J.S, Poerwadarmita. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bandung: Roesda Karya
Yulaelawati, Ella. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran; Filosofi, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya
PDF downloads: 198