IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM RANGKA MENCIPTAKAN SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

  • Arbiana Putri STKIP Kusuma Negara Jakarta
Keywords: Adiwiyata, Education For Sustainable Development, Environment

Abstract

To protect and decrease the degradation of the environment, improvements are needed in a human lifestyle, so that education becomes an important thing to changing these lifestyles, especially for our next generation. In this case, schools need to enforce the Education for Sustainable Development (EDS) which is part of the Sustainable Development Goals (SDGs) for education and climate change, and the Adiwiyata program is one of its manifestations. Adiwiyata not only protect and reduce the impact of environmental damage, but also can building the character of students and other school components to create a caring and cultured school.

 

Abstrak

Untuk melindungi dan mengatasi degradasi yang terjadi di lingkungan, diperlukan perbaikan pada gaya hidup manusianya, sehingga pendidikan menjadi faktor yang penting di dalam mengubah gaya hidup tersebut, terutama generasi muda. Sekolah perlu melaksanakan Education for Sustainable Development (EDS) yang merupakan bagian dari agenda Sustainable Development Goals (SDGs) untuk bidang pendidikan dan perubahan iklim dan program Adiwiyata menjadi salah satu perwujudannya. Selain dapat melindungi dan mengurangi dampak kerusakan lingkungan, program ini juga dapat membentuk karakter para peserta didik dan komponen sekolah lainnya sehingga tercipta sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Kata Kunci: Sekolah Adiwiyata, Pendidikan Lingkungan Hidup, Lingkungan

References

Hadi, Sudharto.P. 2002. Dimensi Lingkungan Dalam Bisnis. Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, Sudharto.P. 2002. Dimensi Lingkungan Perencanaan Pembangunan. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Hadi, Sudharto.P. 2009. Manusia dan Lingkungan. Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, Sudharto.P. 2010. Resolusi Konflik Lingkungan. Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro. Keraf, A. Sonny. 2005. Etika Lingkungan. Jakarta : Penerbit Buku Kompas.

Lickona, Thomas. 2012. Educating for Character. Jakarta : Bumi Aksara.

Margolis, Eric. 2001. The Hidden Curriculum in Higher Education. New York : Routledge.

Moleong, L.J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Salim, Emil. 1987. Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta : Mutiara.

Samekto, Adji. 1998. Hukum Lingkungan dalam Perspektif Global dan Nasional. Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro.

Tim Penyusun. 2018. Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Indonesia 2017. Jakarta : Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Undang – Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang – Undang No.32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Wana, Prima Rias. 2018. Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, Vol. 5, No.2, Agustus 2018.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia No. P.39/Menlhk-Setjen/2015 Tentang Rencana Strategis.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.
Article Metrics
Abstract views: 961
PDF downloads: 1827
Published
2019-02-28
How to Cite
Arbiana Putri. (2019). IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM RANGKA MENCIPTAKAN SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN. Jurnal Tunas Bangsa , 6(1), 37-47. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/918
Section
Articles