KREATIVITAS GURU DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MIN RUKOH BANDA ACEH

  • Millata Zamana STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Siti Rahmah STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Creativity, methods and learning the Quran Hadith

Abstract

These studies raised concerns about the creativity of teachers in the application of the method of learning the Qur'an the Hadith in MIN Rukoh Banda Aceh. The purpose of this research is to know the sejauhmana creativity of teachers in the application of the method of learning the Qur'an the Hadith and what methods are applied to teachers in learning the Qur'an the Hadith in MIN Rukoh Banda Aceh. This research uses qualitative descriptive method. As for who becomes the object of the research is the 19 class. The instrument used in this research is the observation, interview, question form and documentation. Based on the results of the study indicate that the real teacher is the qur'an the Hadith in MIN Rukoh Banda Aceh in the process of teaching and learning the Quran Hadith, formulating learning objectives, choose books that are weighted higher, also using the method of teaching that stimulates the intellect of students, besides teachers use a variety of methods in learning the Quran Hadith.

 

Abstrak

Penelitian ini mengangkat masalah tentang kreativitas guru dalam penerapan metode pembelajaran Al-Qur’an hadits di MIN Rukoh Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana kreativitas guru dalam penerapan metode pembelajaran Al-Qur’an hadits dan metode apa saja yang diterapkan guru dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN Rukoh Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah 19 kelas. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini  adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa guru al-qur’an hadits di MIN Rukoh Banda Aceh dalam proses belajar mengajar Al-Qur’an Hadits, merumuskan tujuan pembelajaran, memilih buku-buku yang berbobot tinggi, juga menggunakan metode mengajar yang merangsang daya pikir siswa, selain itu guru menggunakan berbagai metode dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits.

Kata Kunci: Kreativitas, metode dan pembelajaran al-qur'an hadits

References

Darmasyah, 2011. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

E. Mulyasa, 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Meleong Lexy J, 1999. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhammad Ali, 1992. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sardiman, 2005. Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sriyono, dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Wina Sanjaya, 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Winarno Serachmad, 1996. Metodologi Penelitian Nasional. Bandung: Jemmais.
Article Metrics
Abstract views: 1552
pdf downloads: 1818
Published
2018-08-31
How to Cite
Millata Zamana, & Siti Rahmah. (2018). KREATIVITAS GURU DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MIN RUKOH BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa , 5(2), 221-230. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/948
Section
Articles