PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI KARANGAN DESKRIPSI DI KELAS III SD NEGERI 28 BANDA ACEH

  • Aulia Afridzal STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Results of the study, media images, animation, video essay

Abstract

Poor writing skills due to gurus give less chance of student writing. Writing assignments are usually repeated copying of notes on the Board. As a result the student's writing skills are not developed and mastered the techniques, content, and language. Lack of interest and motivation of students learning, particularly writing skills become a trigger for the low ability of writing. Formulation of the problem in this study i.e. whether there is a difference in the results of learning using media images and video animations in matter bouquet description class III SD Negeri 28 Banda Aceh. The purpose of the research study results knowing the difference using media images and video animations in matter bouquet description class III SD Negeri 28 Banda Aceh. The hypothesis of this research is the result of difference learning using media images and video animations in matter bouquet description class III SD Negeri 28 Banda Aceh. This type of research experiments. The sample in this study is the whole grade III in SD Negeri 28 Banda Aceh as many as 60 students were grouped into class experiment (class IIIA) and controls (class IIIB). As for the experiment class of as many as 30 people and as many as 30 people control class. The results showed thitung = 4.82 from price ttabel = 1.67 This means t is the rejection of H0, so Ha received on significant degrees of α = 0.05, then there is a difference can be summed up the results of learning using media images and video animations material description essay class III SD Negeri 28 Banda Aceh. It is recommended to teachers to be able to equip themselves with the knowledge of the appropriate learning media.

 

Abstrak

Rendahnya kemampuan menulis disebabkan guru kurang memberi kesempatan siswa menulis. Tugas menulis biasanya menyalin ulang catatan di papan tulis. Akibatnya kemampuan menulis siswa tidak berkembang dan kurang menguasai teknik, isi, maupun bahasa. Kurangnya minat dan motivasi siswa mengikuti pembelajaran, khususnya keterampilan menulis menjadi pemicu rendahnya kemampuan menulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan media gambar dan video animasi pada materi karangan deskripsi kelas III SD Negeri 28 Banda Aceh. Tujuan penelitian mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan media gambar dan video animasi pada materi karangan deskripsi kelas III SD Negeri 28 Banda Aceh. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan media gambar dan video animasi pada materi karangan deskripsi kelas III SD Negeri 28 Banda Aceh. Jenis penelitian eksperimen. Sampel dalam  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SD Negeri 28 Banda Aceh sebanyak 60 siswa yang dikelompokkan kedalam kelas eksperimen (kelas IIIA) dan kontrol (kelas IIIB). Adapun kelas eksperimen sebanyak 30 orang dan kelas kontrol sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan thitung = 4,82 dari harga ttabel = 1,67 ini berarti t berada di daerah penolakan H0, sehingga Ha diterima pada taraf signifikan α = 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan media gambar dan video animasi pada materi karangan deskripsi kelas III SD Negeri 28 Banda Aceh. Disarankan kepada guru untuk dapat membekali diri dengan pengetahuan tentang media pembelajaran yang sesuai.

Kata Kunci: Hasil belajar, media gambar, video animasi, karangan deskripsi

References

Arikunto, Suharsimi.2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Finoza, Lamuddin. 2002. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2007. E-Education Konsep, Teknologi, dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Andi.

Putusitrisna. 2011. Penerapan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan. (Online) (http://putusutrisna.blogspot.com).

Sadiman, Arief S. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sofian. 2009. Manfaat Media Animasi. Jurnal Pendidikan. (Online). (http://garengs.sofian.blogspot.com).

Subana. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

______. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugandi, Asep. 2012. Strategi Pemilihan dan Penggunaan Media Gambar Yang Efektif Untuk Anak SD. http://www.asepsugandi.blog.spot.com

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Zaimar, Okke Kusuma Sumantri. 2011. Telaah Wacana. Cimanggis: Komodo Books.
Article Metrics
Abstract views: 2783
pdf downloads: 2740
Published
2018-08-31
How to Cite
Aulia Afridzal. (2018). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI KARANGAN DESKRIPSI DI KELAS III SD NEGERI 28 BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa , 5(2), 231-247. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/949
Section
Articles