PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SD

  • Winarti Dwi Febriani Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Geri Syahril Sidik Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Riza Fatimah Zahrah Universitas Perjuangan Tasikmalaya
Keywords: Mathematics, RME, HLT, Problem Solving Ability, Communication Ability

Abstract

The mathematical problem solving and communication abilities are important possessed by students from basic level to be able to meet practical and skilled needs to find various ways to solve problems in daily life. The research is aimed to analyze about the influence of Realistic Mathematics Education (RME) and Direct Instruction towards the enhancement of mathematical problem solving and communication abilities of students. This research method is quasi experiment with the pretest- posttest non-equivalent design. The instruments used was mathematical problem solving ability test and mathematical communication ability test. The population of this research is all fifth grade students of two classes in one of the elementary schools located in the District Tawang, Tasikmalaya City. The results of this research showed that based on the data analysis of N-gain scores, the enhancement of mathematical problem solving and communication abilities of students in the RME class is higher than Direct Instruction class. Therefore, can be concluded that there is difference in the enhancement of mathematical problem solving and communication abilities between students who learn used RME and who learn used Direct Instruction. The recommendation of this research is to conduct further research that can explore mathematical problem solving and communication abilities by using Hypothetical Learning Trajectory (HLT) based on RME.

 

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah  dan komunikasi  matematis perlu dimiliki oleh siswa didik sejak dasar untuk dapat memenuhi kebutuhan praktis dan terampil menemukan berbagai macam cara dalam memecahkan masalah di kehidupannya sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pengaruh pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Metode penelitian ini yaitu eksperimen kuasi dengan the pretest-postest non-equivalent design. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pengaruh pembelajaran RMEdan Direct Instruction terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis peserta didik.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VB dan VC di salah satu SD Negeri yang terletak di Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data skor N-gain, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis peserta didik kelas RME lebih tinggi daripada kelas Direct Instruction.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pemecahan masalah dan komunikasi matematis antara yang menggunakan pembelajaran RME dan peserta didik yang belajar menggunakan Direct Instruction.Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk penelitian lebih lanjut, dapat ditelaah kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis dengan menggunakan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) berbasis RME.

Kata Kunci: RME; HLT; Pemecahan Masalah; Komunikasi matematis

References

Cohen, et al. (2007).Research Methods in Education.(Sixth Edition). New York: Routledge.

Depdiknas. (2006). Standar Isi Mata Pelajaran Matematika SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Febriani, W., D. (2017).Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan Pembelajaran Langsung terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik. Tesis pada SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Joyce, Weil, & Calhoun (2009).Model-Model Pengajaran Edisi Kedelapan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Meltzer. (2002). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics. American Journal of Physics, 70(7).

Posementier, A. S., & Krulik, S. (2009). Problem Solving in Mathematics Grades 3-6. USA: Corwin (A Sage Company).

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Article Metrics
Abstract views: 576
pdf downloads: 569
Published
2019-08-31
How to Cite
Winarti Dwi Febriani, Geri Syahril Sidik, & Riza Fatimah Zahrah. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SD. Jurnal Tunas Bangsa , 6(2), 152-161. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/955
Section
Articles