PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

(Studi Eksperimen Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng Kota Makassar)

  • Asran Universitas Negeri Jakarta
  • Nadiroh Universitas Negeri Jakarta
  • Etin Solihatin Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Student Team Achievement Division, Teams Games Tournament, Critical thinking

Abstract

This study aims to determine the effect of learning models and learning styles on the critical thinking skills of fifth-grade students of an elementary school in Social Sciences. This experimental study uses Factorial 2x2. Determination of the sample using the Multistage Random Sampling technique, namely class V students of SD Negeri Bulurokeng Makassar. Data analysis used two-way variance analysis and followed by the Tukey test for the significance level α = 0, 05. Test the normality of the data using the Lilliefors test and homogeneity test using the Bartlett test. The results of this study indicate: 1) Critical thinking ability given the Student Team Achievement Division learning model is higher than those given Teams Games Tournament learning model, 2) Critical thinking ability of students with auditory learning styles is higher than students of visual learning styles, 3) There the influence of interaction between learning models and learning styles on students' critical thinking abilities, 4) The ability to think critically with auditory learning styles given the Student Team Achievement Division learning model is higher than the Teams Games Tournament model, 5) Ability to think critically with visual learning styles given Student Team Achievement Division model is lower than students given Teams Games Tournament learning model, 6) Critical thinking ability of auditory learning style students who are given the Student Team Achievement Division model is higher than visual learning style students with Teams Games Tour model Namely, and 7) Critical thinking ability of auditory learning style students were given a lower Teams Games Tournament model than visual learning style students with the Teams Games Tournament model. The novelty of this research is in terms of age, namely at the elementary school level. While the two previous studies were conducted at high school age. Furthermore, this study used the Student Teams Achievement Division and Teams Games Tournament models while previous research conducted by Anit Pranita Devi used Think Pair Share and Jigsaw learning models.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar pada Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian eksperimen ini menggunakan Factorial 2x2. Penentuan sampel menggunakan teknik Multistage Random Sampling yaitu siswa kelas V SD Negeri Bulurokeng Makassar. Analisis data menggunakan analisis varian dua cara dan diikuti dengan uji Tukey untuk tingkat signifikansi α = 0, 05. Uji normalitas data menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kemampuan berpikir kritis yang diberi model pembelajaran Student Team Achievement Division lebih tinggi dibandingkan yang diberi model pembelajaran Teams Games Tournament, 2) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar auditori lebih tinggi dibandingkan siswa gaya belajar visual, 3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 4) Kemampuan berpikir kritis dengan gaya belajar auditori yang diberi model pembelajaran Student Team Achievement Division lebih tinggi dibanding model Teams Games Tournament, 5) Kemampuan berpikir kritis dengan gaya belajar visual yang diberi model Student Team Achievement Division lebih rendah dibandingkan siswa yang diberi model pembelajaran Teams Games Tournament, 6) Kemampuan berpikir kritis siswa gaya belajar auditori yang diberi model Student Team Achievement Division lebih tinggi dibanding siswa gaya belajar visual dengan model Teams Games Tournament, dan 7) Kemampuan berpikir kritis siswa gaya belajar auditori diberi model Teams Games Tournament lebih rendah dibanding siswa gaya belajar visual dengan model Teams Games Tournament. Kebaruan penelitan ini adalah dari segi usia yakni pada jenjang sekolah dasar. Sedangkan kedua penelitian sebelumnya dilakukan pada usia sekolah menengah atas. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan model Student Teams Achievement Division dan Teams Games Tournament sementara penelitian sebelumnya yang dilakukan Anit Pranita Devi menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Jigsaw.

Kata Kunci: Student Team Achievement Division, Teams Games Tournament, Gaya Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis

References

Ahriani, F. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Bantaeng. Jurnal Chemica Universitas Negeri Makassar, Vol 14. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/index.php/chemica/article/view/782/0

Amir, A. (2013). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Jurnal Logaritma IAIN Pasangsidumpuan, Vol I.

Anggraini, Y., Matsum, J. H., & Aminuyati. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, Vol 2.

Arend, R. I. (2008). Learning to Teach (Terjemahan Helly Parjitno). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arnyana, I. B. P. (2006). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif pada Pelajaran Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 3(6), 496–515. Retrieved from http://pasca.undiksha.ac.id/images/img_item/607.doc

Bachtiar. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD , NHT dan TGT pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

BNSP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta.

Cohen, R. J., & Swerdlik, M. E. (2009). Psychology: Psycological Testing and Assessment: An Introduction to tests and Measurement (Edisi 7). New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2003). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Khaifa.

Devi, A. P., Musthafa, B., & Gustine, G. G. G. (2017). Using Cooperative Learning In Teaching Critical Thinking In Reading. Journal of English Education, 4(1). https://doi.org/10.25134/erjee.v4i1.310

Efendi, J. (2012). Tips Agar Anak Bisa Ranking Kelas. Yogyakarta: Buku Biru.

Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fikri, F. N., Mardiyana, & Kuswardi, Y. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Facione Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas XI MAN Purwodadi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) FKIP UNS.
https://doi.org/10.4135/9781412950589.n774

Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Gani, R. A., Nugroho, S., & Afrinaldi, R. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Renang Gaya Dada. Jurnal Speed Unsika, Vol 2.

Gregory, G. H., & Chapman, C. (2007). Differentiated Instructional Strategies: One Size Doesn’t Fit All (Edisi 2). California: Corwin Press.

Handini, O. (2016). Pembelajaran IPS Berbasis Kemampuan Berpikir sebagai Alternatif Inovasi Pembelajaran Interaktif. E-Journal Unisri, 11.

Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep Dan Inidikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia, 01, 3–6.

Huda, M. (2016). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Tipe STAD Dalam Materi Ajar Sistem Reproduksi di Sekolah Menengah. Jurnal Biotik Ar-Raniry, Vol 4.

Indrayani, S., Degeng, I. N. S., & Sumarmi. (2017). Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Sebagai Model yang Efektif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pasca Universitas Negeri Malang.

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning. California: Corwtn Press, Inc.

Kasmadi, & Sunariah, N. S. (2013). Panduan Model Penelitan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Kowiyah. (2012). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Pendidikan Dasar, (Vol 3, No 6). Retrieved from http://journal.ppsunj.org/jpd/article/view/108

Kurniawati, L., Akbar, R. O., & Misri, M. A. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas XIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon. ISSN.(2086-8918), 65–67.

Kusnawa, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maiyetri, R., & Ansofino. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial, dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Economica : Research of Economic And Economic Education STKIP PGRI Sumbar, Vol 2.

Mandasari, Y., & Nadjamuddin. (2015). Kata Kuci: Jurnal UIN Raden Fatah, Vol 1.

Muharom, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa Di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).

Mustaji. (2014). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran.

Nezami, N. R., Asgari, M., & Dinarvand, H. (2013). The Effect of Cooperative Learning On the Critical Thinking of High School Students. Technical Journal of Engineering and Applied Sciences, 3(19). https://doi.org/10.1016/j.cdp.2006.09.003

Pratiwi, I. W., Triyono, & Warsiti. (2013). Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT dengan Media Visual dalam Peningkatan Pembelajaran IPS di Kelas IV SD. Jurnal FKIP UNS.

Reid, J. M. (1995). Learning Style in The ESL/EFL Classroom. New York: Heinle & Heinle Publisher.

Renou, J. (2008). A study of perceptual learning style and achievement in a university level foreign language course.pdf. Journal Crisolenguas of Puerto Rico University, Vol 1(2).

Repository.unpas.ac.id. (2007). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Pengingkatan Aktivitas Belajar Siswa. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/12994/4/BAB II.pdf

Rose, C., & Nicholl, dan M. J. (2002). Accelerated Learning for The 21 Century. Bandung: Nuansa.

Ruggiero, V. R. (2009). The Art of Thinking A Guide to Cnttcai and Creative Thought. San Fransisco: Pearson Education, Inc.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Edisi 2). Jakarta: Raja Grafindo.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Saila, N. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Pada Perkuliahan Konsep Dasar Matematika. Jurnal Unnes.
Santrock, J. W. (2007). Educational Psychology, 2nd Edition (terj. Tri Wibowo B.S). Jakarta: Kencana.

Sembiring, R., & Situmorang, J. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Medan, Vol 8.

Sirjon. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala PAUD STKIP Panca Sakti, Vol 1.

Slavin, R. E. (1994). Educational Physchology Theory and Practice 4 Edition. Massachussetts: Paramount Publishing.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pythagoras UNY.

Surata, I. G., Agung, A. A. G., & Sudarma, K. (2013). Pengaruh Model Kooperatif Stad Berorientasi Open- Ended Problem Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Di Gugus IV Kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Vol 1.

Suryadi. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jakarta, Jurnal Universitas Negeri.

Susanna. (2017). Penerapan Teams Games Tournament Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN Aceh Besar. Jurnal Lantanida UIN Afr-Raniry, Vol 5.

Tilaar, H. A. R. (2012). Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship dalam Pendidikan Nasional. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

UNJ, P. P. (2012). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Article Metrics
Abstract views: 962
pdf downloads: 735
Published
2019-08-31
How to Cite
Asran, Nadiroh, & Etin Solihatin. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS: (Studi Eksperimen Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng Kota Makassar). Jurnal Tunas Bangsa , 6(2), 251-265. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/963
Section
Articles