PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT PERCAKAPAN PADA SISWA KELAS V SDN 2 PERCONTOHAN SIGLI

  • Nanda Saputra Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli
Keywords: Picture Media, Phrase Conversation, Elementary School

Abstract

The low achievement and errors of learning patterns can be found through the results of formative tests done by students. From the result of the formative test of Indonesian subjects with the theme of Hero in the discussion of sentence conversation based on the image of the completeness level of 40% of 34 students only 14 students are completed and 20 students have not been completed. This research was conducted in three cycles each through four stages: planning stage, implementation stage, data collection technique using test and non test technique. The technique of data analysis, researcher use the qualitative and quantitative technique. Each evaluation of the average grade is very low. The low-grade average indicates that the students are less knowledgeable about the teaching materials presented by the teacher. There is an increase in the level of mastery in the implementation of cycle II. The change is 40% in the first cycle increased to 50% in cycle II. In the third cycle, completeness reached 85% 35% increase in completeness 35. Weaknesses that need to be improved especially on the spelling. In graph 4.2 shows that got score 4 there is 1 student, value 5 there are 4 students, value 6 there are 5 students, 7 value there are 7 students, score 8 there are 11 students, value 9 there are 6 students from 34 students.

 

Abstrak

Rendahnya prestasi dan kesalahan pola pembelajaran dapat penulis temukan melalui hasil tes formatif yang dikerjakan siswa. Dari hasil tes formatif mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan tema Pahlawan dalam pembahasan menyususun kalimat percakapan berdasarkan gambar tingkat ketuntasan 40% dari 34 siswa hanya 14 siswa yang sudah tuntas dan 20 siswa belum tuntas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing melalui empat tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. teknik analisis data, peneliti menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Setiap diadakan evaluasi nilai rata-rata kelas sangat rendah. Rendahnya nilai rata-rata kelas menunjukkan bahwa siswa kurang menguasai materi pembelajaran yang disajikan guru. Terjadi peningkatan tingkat ketuntasan pada pelaksanaan siklus II. Perubahannya adalah 40% pada siklus I meningkat mencapai 50% pada siklus II. Pada siklus III ketuntasan mencapai 85% mengalami kenaikan ketuntasan 35%Kelemahan yang perlu untuk diperbaiki terutama pada ejaan. Pada grafik 4.2 menunjukkan yang mendapat nilai 4 ada 1 siswa, nilai 5 ada 4 siswa, nilai 6 ada 5 siswa, nilai 7 ada 7 siswa, nilai 8 ada 11 siswa, nilai 9 ada 6 siswa dari 34 siswa.

Kata Kunci: Media Gambar, Kalimat Percakapan, Sekolah Dasar

References

Arief S Sadiman, dkk, 2003, Media Pendidikan: Pengertian, Pengambangan dan. Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Setiawan, Denny, et al. 2006. Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: UniversitasTerbuka.

Hamalik, 1994.Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Soelarko. 1980. Psikologi Pendidikan. Jakarta :Depdikbud.
Article Metrics
Abstract views: 85
pdf downloads: 371
Published
2019-08-31
How to Cite
Nanda Saputra. (2019). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT PERCAKAPAN PADA SISWA KELAS V SDN 2 PERCONTOHAN SIGLI. Jurnal Tunas Bangsa , 6(2), 311-317. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/968
Section
Articles