PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PRAKTIK PENYELENGGARAAN PEMERINTAH NEGARA PADA SISWA KLEAS X SMAN 5 KOTA BANDA ACEH
Abstract
This research is titled “Application of Model learning Based Learning to improve learning performance of PKN value material of Pancasila in the practice of State Government implementation in grade X students SMAN 5 Banda Aceh”. The problem in this research is the implementation of the students ' learning outcomes on the value of Pancasila material in the practice of government administration in the students of class X SAMN 5 Banda Aceh? This research aims to know the application of the problem based learning model to improve learning performance of PKN material value Pancasila in the practice of government administration in class X SMAN 5 Banda Aceh. The approach in this study is quantitative, while the type of research is PTK. The population in this study is the students of SMAN 5 Banda Aceh. Meanwhile, the student samples of Kleas X IPA 5 are 29 students using conventional learning models. For data collection This research uses pretes and postes. Data is analyzed by using the test-t formula. Data analysis results show that the problem based learning model can improve the learning performance of grade X students of SMAN 5 City Banda Aceh. This suggests that conventional learning models can improve the learning performance of the grade X students of SMAN 5 in Banda Aceh.
Abstrak
Penelitian ini berjudul "Penerapan Model Pembelajaran Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKN Materi Nilai Nilai Pancasila Dalam Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara Pada Siswa Kelas X SMAN 5 Kota Banda Aceh”. Adapun Permasalahan dalam penelitian ini adalah penerapan ketuntasan hasil belajar siswa pada materi nilai pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintah negera pada siswa kelas X SAMN 5 Kota Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar PKN materi nilai pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara pada kelas X SMAN 5 Kota Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah PTK. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 5 Kota Banda Aceh. Sedangkan sampel siswa kleas X IPA 5 yang berjumlah 29 orang siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk pengumpulan data Penelitian ini menggunakan pretes dan postes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 5 Kota Banda Aceh. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran konvensional dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 5 Kota Banda Aceh.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Materi Nilai Nilai Pancasila Dalam Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara
References
---------------. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Johar, Rahmah, dkk. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Riyanto, Yatim. (2010). Metodologi Penelitian. Surabaya: SIC
R. G. Collingwood. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pustaka Ilmu
Sudjana. (2005). Metode Statistik Edisi V, Bandung: Tarsito.
Trianto. (2011). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Rineka Remaja Rosdakarya.
Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. (2005). Met ode St ati stika. Bandung: Tarsito.
pdf downloads: 417